6 Manfaat Makan Jamur - Lentera Inspiratif

HOME // Tips

 

6 Manfaat Makan Jamur

  Rabu, 26 Januari 2022

Jamur
Gambar ilustrasi

Lenterainspiratif.id | Tips Sehat – Jamur dinilai menjadi bahan nabati yang memiliki jumlah protein tinggi terlebih jika dikombinasikan dengan bahan nabati tinggi protein lainnya.

Tak hanya menjadi sumber protein yang baik, ternyata konsumsi jamur menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari mencegah penuaan hingga menjaga kesehatan jantung.

Berikut ini 6 manfaat makan jamur untuk kesehatan menurut Good Housekeeping (10/1):

1. Meningkatkan kesehatan jantung
Memiliki komponen glutamate ribonucleotides, jamur memiliki rasa gurih alami. Tak hanya memberikan rasa yang lezat ternyata komponen ini juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil dan mencegah sakit jantung.

Pada 128 gram jamur diketahui mengandung 5 miligram sodium atau garam yang rasanya juga sudah cukup tanpa harus ditambahkah garam lagi. Menambahkan jamur ke dalam hidangan masakan yang dikonsumsi rutin ini menjadi cara cerdas untuk mengurangi konsumsi garam atau sodium yang sangat berbahaya untuk tekanan darah dan kesehatan jantung.

BACA JUGA :   Tips Atasi Rasa Asam Pada Mulut Saat Menjalani Ibadah Puasa

2. Memberi energi tambahan
Jamur kaya akan vitamin B dan berbagai jenisnya. Ada riboflavin (B2), folat (B9), thiamine (B1), asam pantotenat (B5) dan niacin (B3). Berbagai jenis vitamin B ini dibutuhkan oleh tubuh untuk memaksimalkan fungsi seluruh organ dan menjaga kesehatan secara menyeluruh.

Komponen vitamin B yang beragam ini juga membantu tubuh untuk memproduksi energi dari makanan yang dikonsumsi. Tak hanya itu kebutuhan vitamin B yang terpenuhi juga mampu membantu produksi sel darah merah lebih banyak sehingga dapat membawa oksigen ke seluruh tubuh dengan lebih baik.

3. Menciptakan rasa bahagia
Tidak berhenti pada tahun 2017, Penn State juga melanjutkan penelitiannya pada tahun 2021 dan menemukan beberapa fakta lainnya. Melibatkan hampir 25.000 orang sebagai partisipan, mereka yang mengonsumsi jamur secara rutin ditemukan memiliki tingkat kecenderungan depresi yang lebih rendah.

BACA JUGA :   Cara Bikin Gigi Putih Dengan Cara Alami

Manfaat ini dikatakan sebagai salah satu manfaat lanjutan dari dua jenis antioksidan yang mampu mencegah stres oksidatif. Salah satu cara kerja jamur untuk meningkatkan rasa bahagia ini dengan menekan gejala depresi dan kecemasan yang diatasi oleh kandungan potasium.

4. Mencegah penuaan
Dalam sebuah jamur terkandung dua jenis antioksidan yang memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Kedua jenis antioksidan ini adalah ergothioneine dan glutathione yang telah terbukti berkhasiat melalui penelitian Penn State pada tahun 2017.

Saat digabungkan, keduanya mampu memberikan fungsi yang lebih kuat untuk melindungi tubuh dari stres fisiologis. Stres fisiologis yang terjadi dalam kurun waktu yang lama dan tidak segera diatasi dapat menyebabkan penuaan lebih cepat misalnya melalui tanda-tanda munculnya keriput.

5. Membantu menguatkan tulang
Sebagai tumbuhan yang hidup dengan baik di luar ruangan membuat jamur memungkinkan mendapatkan sinar matahari yang sangat baik. Hasilnya jamur menjadi bahan makanan yang menyerap nutrisi baik dari sinar matahari dengan efektif, salah satunya vitamin D.

BACA JUGA :   Waspada, Stroke Bisa Menyerang Siapa Saja, Kurang Istirahat Jadi Salah Satu Penyebabnya

Ada komponen bernama ergosterol pada jamur yang mampu mengubah sinar UVB yang diserap dari matahari menjadi vitamin D dengan sangat baik. Menurut ahli kesehatan pada 85 gram jamur sudah mampu memenuhi kebutuhan vitamin D harian.

6. Melindungi kesehatan otak
Sebuah penelitian jangka panjang yang dilakukan di Spanyol baru saja dirilis tahun 2021. Penelitian ini mengungkapkan beberapa makanan memiliki kandungan polifenol yang kaya. Salah satunya manfaatnya mampu menangkal penurunan kognitif pada orang dewasa.

Masih memiliki kaitan dengan penemuan Penn State, kandungan polifenol yang bertemu dengan dua jenis antioksidan ini mampu menangkal penyakit Parkinson dan Alzheimer. berdasarkan hasil penemuan pada berbagai penelitian tersebut, ahli kesehatan merekomendasikan untuk mengonsumsi jamur setidaknya lima buah dalam sehari.






 



Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI