5 Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Agar Gula Darah Terkontrol - Lentera Inspiratif

HOME // Tips

 

5 Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Agar Gula Darah Terkontrol

  Senin, 17 Januari 2022

Gula darah
Gambar Ilustrasi

Lenterainspiratif.id | Tips Sehat – Para penderita diabetes memang harus sangat berhati-hati dalam mengkonsumsi suatu makanan, hal itu dikarenakan sejumlah makanan dapat memicu naiknya gula darah dalam tubuh.

Lonjakan gula darah dapat memicu produksi insulin dalam jumlah banyak dan dalam waktu singkat. Jika dibiarkan terus menerus efek jangka panjang yang nantinya akan dihasilkan adalah resistensi atau kekebalan tubuh terhadap insulin, hal itu tentu saja sangat berbahaya bagi para pasien diabetes.

dr. Sally Roxburgh dari The Fleet Street Clinic juga menekankan bahwa penting sekali, terutama bagi penderita diabetes tipe 2, untuk mengendalikan asupan seperti mengendalikan berat badan, ukuran porsi hingga konsumsi kalori.

Berikut 5 makanan dan minuman yang harus dihindari oleh pasien diabetes agar gula darah tetap terkendali :

1. Jus Buah dan Smoothie
Seringkali dianggap sebagai minuman dan menu sarapan yang sehat, dr. Roxburgh justru mengungkap bahwa jus buah dan smoothie menjadi jalan masuk gula tambahan yang paling tidak terkendali. Banyak jus buah kemasan dan smoothie yang menggunakan gula tambahan dan mengandung kalori tinggi. Dampak konsumsinya, berat badan naik dan gula darah melonjak.

BACA JUGA :   Lewati Jalur Ekstrem Sendi Pacet, Baca Dulu Tips Ini

“Jus buah dan smoothie harus dihindari karena mereka dapat meningkatkan gula darah dengan sangat cepat. Buah secara umum bisa dikonsumsi dan aku tidak akan pernah merekomendasikan selain buah yang dikonsumsi secara utuh,” kata dr. Roxburgh.

2. Makanan Berkarbohidrat
dr. Naomi Newman-Beinart selaku ahli gizi juga mengatakan bahwa makanan yang berbahan dasar karbohidrat sangat mudah dicerna. Elemen gula yang terkandung di dalamnya juga begitu cepat terserap ke dalam aliran darah dan memicu lonjakan gula darah.

“Kemudian pankreas akan memproduksi insulin untuk mengeluarkan glukosa dari darah dan membuat insulin masuk ke dalam sel dan bekerja pada tubuh. Jika gula darah pada orang yang sehat mengalami kenaikan kemudian insulin akan diproduksi, gula darah kemudian akan menurun dan dipecah menjadi lemak. Lemak tersebut akan diakumulasikan agar lebih mudah dipecah oleh tubuh,” kata dr. Newman-Beinart.

BACA JUGA :   6 Manfaat Makan Jamur

3. Minuman Manis
Menurut Rasa Kazlauskaite selaku professor dari Rush University Medical Center, mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh akan lebih berat tantangannya ketika kamu masih belum bisa lepas dari kebiasaan mengonsumsi minuman manis. Termasuk beberapa minuman seperti minuman bersoda, jus atau bahkan kopi yang ditambahkan pemanis.

dr. Roxburgh juga mengatakan bahwa cara terbaik lainnya juga menghindari penambahan gula pada minuman-minuman seperti pada teh atau kopi. Hampir serupa dengan minuman tinggi gula, minuman beralkohol juga perlu dibatasi karena tinggi kalori dan kadar gulanya.

4. Kue
Makan kue dengan dekorasi yang cantik dan rasa yang manis memang bisa memenuhi keinginan atau ‘ngidam’ yang seringkali datang. Tetapi konsumsi kue walaupun hanya satu sendok teh menjadi ancaman berbahaya bagi penderita diabetes.

Kandungan gula yang cukup tinggi membuat kue sangat cepat untuk memicu lonjakan gula darah di dalam tubuh. National Health Service atau Layanan Kesehatan Nasional di Inggris mengatakan bahwa kue menjadi makanan yang wajib dihindari bagi mereka yang sedang mengendalikan gula darah maupun yang sedang menurunkan berat badan.

BACA JUGA :   Ayo Bertani Kayu Putih, Sekali Panen Hasil Puluhan Juta, Ini Caranya

5. Daging Olahan
dr. Roxburgh mengatakan bahwa daging olahan seperti salami, ham dan daging merah berlemak harus sangat dihindari jika tak ingin gula darah melonjak. Penelitian terdahulu juga menunjukkan bahwa daging olahan dapat memicu kenaikan berat badan hanya dalam waktu dua minggu yang dampaknya berpengaruh pada kesulitan mengendalikan gula darah.

“Makanan seperti ini dapat menyebabkan penambahan berat badan yang mana akan membuat diabetes lebih sulit dikendalikan. Sebaiknya konsumsi daging tanpa lemak seperti ayam atau kalkun,” kata dr. Roxburgh.






 



Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI