Ratusan Rumah Warga Di Jember Kembali Terendam Banjir, Ketinggian Mencapai Lutut Orang Dewasa - Lentera Inspiratif

HOME // Jawa Timur // Peristiwa

 

Ratusan Rumah Warga Di Jember Kembali Terendam Banjir, Ketinggian Mencapai Lutut Orang Dewasa

  Jumat, 14 Januari 2022

Ratusan Rumah Warga Di Jember Kembali Terendam Banjir, Ketinggian Mencapai Lutut Orang Dewasa

Lenterainspiratif.id | Jember – Banjir kembali merendam rumah warga Jember, kali ini merendam rumah warga Desa Sidomekar, Kecamatan Semboro dan Desa Paleran, Kecamatan Umbulsari, sejak Kamis (14/1/2021). Dugaan sementara, banjir terjadi karena meluapnya air sungai yang melintasi desa tersebut.

Dalam data asessment sementara TRC BPBD Jember, ada sekitar 700 rumah warga yang terendam banjir setinggi lutut orang dewasa. Secara rinci, ada 2602 jiwa di 10 RW dan 20 RT yang terdampak banjir.

“Banjir itu terjadi sejak pukul 9 malam kemarin, air mulai merendam permukiman warga. Akibat hujan selama kurang lebih 4 jam sebelumnya,” kata Koordinator Lapangan TRC BPBD Jember Abu Elyas, Jumat (14/1/2022).

Menurut keterangan dari warga setempat, lanjut Abu, desa tersebut sebelumnya belum pernah kebanjiran. “Menurut warga tidak pernah banjir. Kenapa banjir? Dimungkinkan ada sumbatan di sungai ada barongan bambu yang nutupi sungai sehingga meluap itu,” katanya.

BACA JUGA :   Gadis SMK Digauli Hingga Hamil Oleh Penjual Kopi, Pelaku Terancam 15 Tahun Penjara

“Pagi ini akan kami bersihkan dan cek kepastiannya (penyebab banjir). Yang kami lakukan membantu warga untuk asessmen dan mengirim bantuan logistik awal dulu,” sambung Abu.

Ketinggian air yang merendam pemukiman warga setinggi lutut orang dewasa. “Tapi untuk di jalan sekitar 20-40 cm, di dalam rumah 10-30 cm. Karena pondasi rumahnya agak tinggi. Untuk ketinggian variasi karena tergantung juga lokasi rumah,” ucap Abu.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI