Aliansi Selawase Aksi di Depan Kantor PN Surabaya, Tuntut Gugatan Waduk Sepat Dipimpin Hakim Bersertifikasi - Lentera Inspiratif

HOME // Peristiwa

 

Aliansi Selawase Aksi di Depan Kantor PN Surabaya, Tuntut Gugatan Waduk Sepat Dipimpin Hakim Bersertifikasi

  Selasa, 4 Januari 2022

Aliansi Selawase, waduk sepat
Aksi aliansi selawase didepan gedung PN Surabaya

Surabaya, Lenterainspiratif.id- Inginkan gugatan waduk sepat dipimpin hakim bersertifikasi, aliansi Selamatkan Waduk Sepat (Selawase) gelar aksi di depan kantor Pengadilan Negeri (PN) Surabaya pada, Selasa, (4/1/2022). Aksi kali ini dilakukan bersama warga Sepat, WALHI Jawa Timur, dengan Tekad Garuda.

Salah satu tuntutan dalam aksi tersebut yakni membatalkan izin pendirian perumahan oleh Citraland dan mengembalikan fungsi waduk sebagaimana mestinya.

Direktur Eksekutif WALHI Jawa Timur Wahyu Eka Setiawan, menyampaikan bahwa alih fungsi Waduk Sepat bertentangan dengan fungsi Waduk sebagai kawasan reservoir yang harus dilindungi.

Karena perihal kawasan lindung setempat berdasarkan RTRW Kota Surabaya juga dalam UU Konservasi Nomor 5 Tahun 1990, menyebutkan jika suatu kawasan memiliki nilai penting, sebagai kawasan penyangga atau kawasan yang memiliki fungsi vital seperti untuk resapan air dan penampung air, seperti waduk merupakan wilayah yang harus dilestarikan dan dilindungi.

BACA JUGA :   Paranormal Asal Surabaya, Ki Sabdo Klaim Temukan Obat Virus Corona

“Merujuk pada UU Konservasi Tanah dan Air No. 37 Tahun 2014 pada pasal 22 secara lugas menyebutkan bahwa waduk merupakan kawasan yang dilindungi. Hal itu pun sejalan dengan UU No. 17 Tahun 2019 pada pasal 26 menyebutkan jika waduk merupakan kawasan konservasi yang wajib dilindungi.” Jelas Wahyu Eka dalam keterangan tertulis.

Laman: 1 2 3






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI