Banjir Rob Diprakirakan Akan Terjadi Di Pesisir Kota Surabaya Sepanjang Tahun Baru - Lentera Inspiratif

HOME // Daerah // Jawa Timur

 

Banjir Rob Diprakirakan Akan Terjadi Di Pesisir Kota Surabaya Sepanjang Tahun Baru

  Jumat, 31 Desember 2021

Banjir Rob Diprakirakan Akan Terjadi Di Pesisir Kota Surabaya Sepanjang Tahun Baru

Lenterainspiratif.id | Surabaya – Selama tahun baru 2022, banjir rob akan terjadi di wilayah pesisir Kota Surabaya. Banjir rob tersebut diprediksi akan mulai terjadi pada malam tahun baru, 31 Desember 2021 hingga 5 Januari 2022.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Perak Surabaya, Daryatno menjelaskan terjadinya banjir rob dikarenakan kenaikan muka air laut, hingga air yang pasang menggenangi daratan. “Waspadai fenomena pasang maksimum air laut yang berpotensi mengakibatkan banjir rob terjadi pada tanggal 31 Desember 2021 sampai 5 Januari 2022,” kata Daryatno di Surabaya, Jumat (31/12/2021).

Lebih lanjut, Daryanto menjelaskan pasang maksimum air laut bisa mencapai ketinggian 130 hingga 150 cm dari permukaan laut di wilayah pesisir. Namun pada fenomena ini mengakibatkan adanya genangan setinggi 10 hingga 30 cm di daratan.

“Hal ini dapat berdampak dengan munculnya genangan air yang dapat mengganggu transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan,” tambahnya.

BACA JUGA :   Pesisir Kota Pasuruan Dilanda Banjir Rob

Daryanto juga mengatakan ada dua hal lain yang menjadi penyebab air laut pasang, yakni Perigee atau jarak terdekat bumi ke bulan dan new moon atau fase bulan baru.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari Pasang Air Laut Maksimum serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG Maritim,” pesannya.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI