Tips Menunda Lapar Saat Diet, Wajib Dicoba Nih - Lentera Inspiratif

HOME // Budaya // Gaya Hidup // Tips

 

Tips Menunda Lapar Saat Diet, Wajib Dicoba Nih

  Minggu, 26 Desember 2021

Tips Menunda Lapar Saat Diet, Wajib Dicoba Nih

Lenterainspiratif.id | Tips Menunda Lapar – Tak sedikit orang yang mengeluhkan dietnya gagal hanya karena tak mampu menahan lapar. Saat berdiet, kita tidak hanya dituntut untuk rajin olahraga guna membakar lemak, namun juga mengatur pola yang terkadang membuat kita harus menahan lapar.

Namun sebenarnya anda bisa menyiasatinya dengan mengkonsumsi makanan padat nutrisi terutama ketika di jam makan utama, yakni sarapan, makan siang, makan malam. Cara itu dinilai lebih aman daripada menggunakan suplemen penahan lapar yang bisa memberikan efek samping.

Dilansir Medical New Today, berikut beberapa cara yang dapat kamu praktekkan untuk menekan rasa lapar saat berdiet.

1. Konsumsi protein dan lemak sehat
Makanan tinggi protein dan lemak sehat sangat membantu menjaga nafsu makan menjadi terkendali dalam waktu cukup lama.

Menurut The Dietary Guidelines for Americans, makanan bernutrisi berikut wajib ada dalam menu diet sehari-hari:

BACA JUGA :   Selain Buahnya, Ternyata Daun Mengkudu Kaya Akan Manfaat

• Daging tanpa lemak
• Telur
• Kacang atau polong-polongan
• Makanan berbahan utama kedelai
• Greek yogurt tanpa gula tambahan
• Buah alpukat
• Minyak zaitun

2. Minum sebelum makan
Kebiasaan minum segelas besar air sebelum makan terbukti membuat seseorang merasa lebih kenyang dan tidak mudah lapar meski sudah makan.

Atau bisa juga minum dua gelas air saat lapar melanda. Cara ini cukup efektif menunda lapar sekaligus mengenyangkan perut.

Studi lain yang mengamati kelompok obesitas menunjukkan bahwa minum 1,5 liter air sehari selama 8 minggu dapat menyebabkan penurunan nafsu makan dan kehilangan berat badan.

3. Konsumsi makanan berserat
Cara menahan lapar saat diet bisa dengan konsumsi makanan tinggi berserat, terutama di jam makan utama.

Penelitian menunjukkan bahwa serat dapat menekan nafsu makan yang efektif. Selain itu prosesnya juga cukup lambat dalam pencernaan, sehingga memberi efek kenyang lebih lama.

BACA JUGA :   Tips Bersepeda Agar Tidak Sampai Kolaps Menurut dr Bedah

Makanan berserat tinggi yang sehat dan sebaiknya hadir dalam menu makanan diet. Seperti biji-bijian utuh, polong polongan, apel dan alpukat, kacang almond, biji chia, sayuran hijau segar

4. Olahraga sebelum makan
Berolahraga sebelum makan ternyata dapat menekan rasa lapar lho. Hal itu karena berkaitan dengan hormon ghrelin. Dalam sebuah penelitian disebutkan olahraga dengan latihan intensitas tinggi ampuh menekan hormon pengendali nafsu makan.

Saat hormon ghrelin dapat ditekan maka hormon kenyang dalam tubuh akan bekerja lebih baik dan memberikan sinyal pada otak untuk dapat menunda lapar. ( tim )






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI