Minuman Herbal Yang Dapat Meredakan Flu dan Batuk - Lentera Inspiratif

HOME // Budaya // Tips

 

Minuman Herbal Yang Dapat Meredakan Flu dan Batuk

  Sabtu, 25 Desember 2021

Minuman Herbal Yang Dapat Meredakan Flu dan Batuk

Lenterainspiratif.id | Tips Sehat – Di cuaca ekstrem yang tak menentu seperti ini, banyak orang yang terserang penyakit flu dan batuk, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Berobat serta Minuman Herbal dan mendapatkan pertolongan medis merupakan tindakan yang diambil oleh mayoritas masyarakat.

Namun, masih banyak pula masyarakat yang memilih mengatasinya sendiri di rumah dengan mengkonsumsi Minuman Herbal . Seperti mengkonsumsi minuman hangat yang terbuat dari rempah-rempah, mulai dari jahe hingga jeruk nipis.

Berikut sederet minuman herbal yang dapat membantu meredakan batuk :

1. Teh
Kamu bisa meredakan batuk dengan mengonsumsi teh. Dengan cara ini, kamu bisa membuat gangguan pada tenggorokan ini menjadi lebih baik. Hal ini karena kemampuan teh untuk menenangkan sakit tenggorokan dan mengencerkan lendir yang mempermudah dahak untuk keluar. Selain itu, teh juga mempunya sifat antiinflamasi dan antimikroba yang sangat baik untuk penyembuhan.

2. Madu
Madu termasuk salah satu obat yang sangat baik untuk sakit tenggorokan termasuk juga batuk. Sebuah studi mengatakan jika madu dapat meredakan batuk lebih efektif dibandingkan obat dijual bebas tanpa resep yang mengandung dekstrometorfan, yang merupakan obat penekan batuk.

BACA JUGA :   Cara Identifikasi Kesehatan Sperma Dari Baunya

Kamu bisa mengolah madu dengan mencampurnya bersama teh herbal, air hangat, atau air lemon. Saat dikonsumsi bersama teh, kamu bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus.

3. Yogurt
Yogurt menjadi salah satu minuman yang kaya akan probiotik yang sangat baik untuk tubuh. Memang kandungan ini tidak meredakan batuk secara langsung, tetapi dapat menyeimbangkan bakteri yang hidup di dalam usus.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan dukungan terhadap fungsi sistem imun di seluruh tubuh. Selain yogurt, kamu juga bisa memilih produk probiotik lainnya seperti kefir.

Kamu juga bisa bertanya pada dokter dari Halodoc terkait pengobatan lainnya yang ampuh untuk meredakan batuk. Hanya dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa mendapatkan kemudahan dalam berinteraksi dengan ahli medis hanya dengan menggunakan smartphone. Unduh aplikasinya sekarang juga!

4. Peppermint
Daun peppermint memiliki banyak khasiat terkait penyembuhan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kandungan menthol dalam peppermint dapat menenangkan tenggorokan dan berfungsi sebagai dekongestan yang dapat membantu tubuh memecah lendir.

BACA JUGA :   Dapat Petunjuk Ghaib, Pemerhati Sejarah Sidoarjo Temukan Peninggalan Kerajaan Jenggolo

Selain meminumnya, kamu bisa juga mandi uap dengan daun ini. Campurkan beberapa tetes minyak peppermint di atas air panas. Lalu, letakkan handuk di atas kepala sambil mengambil napas tepat di atas air tersebut.

5. Air Garam
Meskipun obatnya mungkin tampak relatif sederhana, berkumur dengan air garam dapat membantu untuk meredakan batuk akibat masalah di tenggorokan. Cara membuat air garam untuk berkumur nyatanya cukup sederhana.

Kamu cukup mencampurkan 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam dengan 8 ons air hangat dapat membantu untuk meredakan iritasi. Namun, jangan berikan cairan ini pada anak-anak yang belum dapat berkumur.

6. Jahe
Jahe memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Jahe dapat meredakan batuk kering dan sesak napas. Jahe juga telah terbukti meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan saat sakit.

BACA JUGA :   Deretan Buah Yang Bikin Kulit Cerah Terawat

Satu studi menunjukkan bahwa beberapa senyawa anti-inflamasi pada jahe dapat melemaskan membran di saluran udara, yang dapat mengurangi batuk.

Jahe bisa diminum dalam bentuk teh. Anda bisa membuat teh jahe dari akar jahe dengan merebusnya. Menambahkan madu dapat membuatnya lebih bermanfaat untuk batuk kering.

7. Jeruk Nipis
Jeruk nipis sudah lama digunakan dalam pengobatan batuk secara alami. Vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi seperti flu dan batuk.

Konsumsi air jeruk nipis juga bisa mempersingkat durasi batuk. Selain itu, menurut beberapa penelitian, limonin yang ditemukan dalam jeruk nipis dapat membantu mencegah akumulasi bakteri Streptococcus.

Streptococcus adalah jenis bakteri yang bertanggung jawab untuk berbagai infeksi dan kondisi kesehatan, termasuk infeksi pernapasan dan mulut. ( tim )






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI