Lima Manfaat Air Cucian Beras Untuk Kecantikan, Mulai Dari Ujung Rambut Hingga Ujung Kaki - Lentera Inspiratif

HOME // Tips

 

Lima Manfaat Air Cucian Beras Untuk Kecantikan, Mulai Dari Ujung Rambut Hingga Ujung Kaki

  Rabu, 22 Desember 2021

Lima Manfaat Air Cucian Beras
Lima Manfaat Air Cucian Beras Untuk Kecantikan, Mulai Dari Ujung Rambut Hingga Ujung Kaki

Lenterainspiratif.id | Tips Sehat – Orang jaman dulu kerap me manfaat kan air cucian beras atau air beras untuk merawat diri, seperti untuk mencerahkan kulit dan menyehatkan rambut. Air beras disebut bisa menenangkan sekaligus menyamakan warna kulit.

Dikutip dari Healthline (18/12/21), air beras kini kembali diminati sebagai salah satu bahan perawatan kulit. Cara mendapatkan air beras juga sangat mudah, yakni dengan perendaman beras dengan air selama 30 menit. Kemudian saring untuk mendapatkan sarinya. Atau tampung air cucian beras dan diamkan beberapa saat hingga sarinya mengendap lalu saring. Simpan air beras di kulkas sebelum dipakai.

Berikut lima manfaat air beras untuk perawatan kulit hingga rambut sebagaimana dikutip dari berbagai sumber :

1. Air beras untuk cerahkan kulit
Banyak situs kecantikan merekomendasikan penggunaan air beras untuk mencerahkan kulit dan mengurangi noda-noda hitam. Air beras bahkan terkandung dalam produk sabun, toner, hingga krim.

BACA JUGA :   5 Bahan Alami Untuk Mengatasi Jerawat

Banyak pengguna produk itu mengakui manfaat air beras untuk cerahkan kulit. Di dalam air beras memang ada beberapa senyawa kimia yang bersifat sebagai pigmen pencerah, namun belum ada bukti seberapa efektif pigmen tersebut.

2. Air beras untuk bikin kulit kenyal

Dalam penggunaannya pada wajah, sebuah studi tahun 2013 menunjukkan air beras bantu memperbaiki kondisi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Air beras yang dipakai adalah yang sudah difermentasi.

Air ini juga disebut-sebut bisa membuat kulit wajah kenyal sekaligus bebas keriput. Keunggulan lainnya, air beras juga bersifat sebagai ‘sunscreen’ alami. Kemudian ada antioksidan di dalamnya yang memiliki manfaat ‘anti-aging’.

3. Air beras untuk atasi kulit kering
Punya masalah kulit kering? Coba atasi dengan bilasan air beras yang bisa mengatasi iritasi kulit akibat bahan sodium laurel sulfate (SLS) yang ditemukan dalam banyak produk kecantikan. Gunakan dua hari sekali untuk mendapat manfaat maksimal.

BACA JUGA :   Ini 7 Jenis Vagina Dengan Ciri Khasnya Masing - Masing

4. Air beras untuk rambut rusak

Rambut yang sering di-bleaching biasanya alami kerusakan. Coba atasi dengan cara alami yaitu dibilas pakai air beras. Kandungan inositol di dalamnya bantu mengurangi keparahan kerusakan rambut, termasuk rambut bercabang.

5. Air beras untuk cuci muka
Untuk manfaat toner, coba aplikasikan air beras ke kapas dan usapkan dengan lembut ke area wajah hingga leher. Untuk membersihkan, pijat pelan-pelan ke kulit wajah. Kemudian bilas hingga bersih. Air beras juga bisa dijadikan untuk masker wajah lho! Caranya dengan merendam kertas tisu ke dalam air beras kemudian ditempelkan ke wajah. ( yan )






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI