Semeru Kembali Erupsi, Warga Di Tiga Dusun Dievakuasi - Lentera Inspiratif

HOME // Jawa Timur // Peristiwa

 

Semeru Kembali Erupsi, Warga Di Tiga Dusun Dievakuasi

  Kamis, 16 Desember 2021

Semeru Kembali Erupsi, Warga Di Tiga Dusun Dievakuasi

Lenterainspiratif.id | Surabaya – Gunung Semeru kembali erupsi pagi ini sekitar pukul 09.01 WIB. “Informasi dari lapangan ada terjadi guguran lahar besar,” kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Tretes, Kabupaten Pasuruan, Djati Cipto Kuncoro, di Surabaya, Kamis (16/12/2021).

Saat ini, lanjut Djati, pihaknya tengah berada di posko BMKG untuk terus melakukan pemantauan. Sedangkan cuaca di lokasi saat ini cerah berawan, sehingga guguran awan panas tidak terlihat. “Kami melaporkan tim posko BMKG Stasiun Meteorologi Juanda saat ini sejak tadi malam berada di Posko Lumajang, informasi cuaca pada hari ini cerah berawan,” papar Djati.

“Sementara dari posko tempat saya live masih jauh kurang lebih 30 menit, tapi kondisi cuaca berawan menutupi puncak gunung sehingga dari kejauhan tidak tampak,” pungkasnya.

Sementara itu warga di tiga dusun yang beresiko langsung dievakuasi oleh petugas gabungan BPBD, Basarnas, relawan, TNI dan Polri ke titik pengungsian yang merupakan lokasi yang aman.

BACA JUGA :   Ini Dampak 6 Orang Hakim Pengadilan Agama positif COVID-19

Tiga dusun itu yakni Dusun Umbulan, Curah Kobokan dan Dusun Kajar Kuning, Kecamatan Pronojiwo. Selain warga, pihak Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Semeru di Pos Gunung Sawur mengimbau petugas yang tengah melakukan proses pencarian korban untuk menghentikan aktivitasnya sementara. Mereka diimbau turun ke lokasi aman.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI