Fenomena Awan Merah Dengan Kilatan Petir di langit Pacet Bikin Gempar  - Lentera Inspiratif

HOME // Peristiwa

 

Fenomena Awan Merah Dengan Kilatan Petir di langit Pacet Bikin Gempar 

  Selasa, 14 Desember 2021

Fenomena Awan Merah, Kilatan Petir, langit Pacet

Lenterainspiratif.id | Mojokerto – Sebuah video fenomena awan merah disertai kilatan petir yang diduga di langit pacet gemparkan jagat maya. Sontak hal ini langsung direspon oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stamet Juanda.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stamet Juanda Teguh Tri Susanto mengatakan, dari hasil pantauan dari beberapa gambar dan video fenomena awan merah yang viral di masyarakat Jawa Timur fenomena awan yang terlihat berwarna merah merupakan hal yang biasa terjadi.

“Masyarakat tidak usah panik, fenomena alam tersebut muncul di langit wilayah Malang, Mojokerto, dan sekitarnya,” ucapnya dikutip dari Instagram Infobmkgjuanda, Senin (13/12/2021).
Lebih lanjut, Teguh menjelaskan bahwa Warna kemerahan pada awan dan langit disekitarnya disebabkan adanya pembiasan cahaya matahari oleh partikel-partikel yang ada di atmosfer.

“Sehingga menghasilkan energi yang rendah, gelombang panjang, dan memunculkan warna kemerahan,” papar teguh.

BACA JUGA :   Aneh, Pria Di Mojokerto Tercebur Ke Sumur Jasadnya Tiba Tiba Menghilang

Fenomena langit kemerahan ini, sambung teguh menjelaskan, biasanya terjadi pada saat sore menjelang malam hari. “semakin rendah posisi matahari dari garis cakrawala, maka semakin rendah pula cahaya merah yang dicapai,” ungkapnya.

Pada sore hari, Teguh mengaku bahwa radar BMKG Juanda memantau ada banyak pertumbuhan awan Cumulonimbus disekitar lokasi pada video.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI