Aniaya Jurnalis Tempo Nurhadi, Terdakwa Dihukum 1 Tahun 6 Bulan Penjara - Lentera Inspiratif

HOME // Jawa Timur // Kriminal

 

Aniaya Jurnalis Tempo Nurhadi, Terdakwa Dihukum 1 Tahun 6 Bulan Penjara

  Kamis, 2 Desember 2021

Aniaya Jurnalis Tempo Nurhadi, Terdakwa Dihukum 1 Tahun 6 Bulan Penjara
Persidangan Kasus Penganiayaan Jurnalis Tempo Nurhadi

Lenterainspiratif.id | Surabaya – Jaksa menetapkan dua terdakwa penganiaya jurnalis Tempo Nurhadi, Bripka Purwanto dan Brigpol M Firman Subakhi, dituntut 1 tahun dan 6 bulan penjara. Mereka dihukum karena melanggar Pasal 18 ayat (1) UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers.

“Menuntut dengan pidana penjara selama 1 tahun dan 6 bulan, dengan perintah terdakwa Purwanto dan Muhammad Firman Subakhi segera ditahan,” kata Jaksa Winarko membacakan amar tuntutannya di ruang sidang Cakra, Pengadilan Negeri Surabaya, Rabu (01/12/2021).

Selain hukuman pidana, kedua terdakwa wajib membayar denda kepada Nurhadi dan Fachmi karena saat itu peralatan kamera dan komunikasi korban dirusak oleh terdakwa. Jika denda tak dibayar, maka terdakwa harus mengganti dengan penjara 6 bulan.

Adapun denda itu yakni sebesar Rp 13.819.000 dibayarkan kepada Nurhadi dan Rp 42.650.000 dibayarkan kepada Fachmi.

Diketahui tuntutan yang memberatkan adalah terdakwa merugikan korban dan tidak mengakui perbuatannya. Namun selama sidang terdakwa berlaku sopan.

BACA JUGA :   Ular Piton Di Mobil Honda HR-V Berhasil Diamankan

“Yang memberatkan karena perbuatan terdakwa sudah merugikan korban dan terdakwa tidak mengakui perbuatannya. Yang meringankan terdakwa bersikap sopan selama di persidangan,” tutur jaksa Winarko.

Usai membacakan tuntutan kepada terdakwa, majelis hakim yang dipimpin Mohamad Basir kemudian memberikan waktu 2 minggu untuk memberikan pembelaan. Untuk agenda pembelaan rencananya akan digelar pada 2 minggu lagi.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI