Warga Blitar Yang Bakar Rumah Dan Bacok Tetangganya Ternyata ODGJ - Lentera Inspiratif

HOME // Jawa Timur // Kriminal

 

Warga Blitar Yang Bakar Rumah Dan Bacok Tetangganya Ternyata ODGJ

  Rabu, 1 Desember 2021

Pria Di Blitar Membakar Rumah, Membacok Tetangganya Dengan Celurit

Lenterainspiratif.id | Blitar – Pranoto, pria di Blitar yang membakar rumah dan membacok tetangganya ternyata merupakan orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ. Berdasarkan informasi yang dihimpun, Pranoto mulai menderita gangguan jiwa setelah ia pulang dari Kalimantan.

Bahkan sekitar tahun 2000, Pranoto membuat dua orang kehilangan nyawanya. 1 orang korban merupakan warga Kediri, dan 1 orang lagi warga Tulungagung, hal itu terjadi saat Pranoto tinggal di daerah tersebut dan penyakit kejiwaannya sedang kambuh.

Pranoto juga diketahui pernah menikah dengan wanita asal Kediri sekitar tahun 2000. Namun rumah tangganya kandas karena Pranoto mengamuk dan membunuh saudara istrinya.

Pranoto kemudian pindah bekerja di Tulungagung. Namun di tempat itu, Pranoto kembali mengalami gangguan jiwa dan membunuh seorang rekan kerjanya.

Setelah diamankan pasca membakar dan membacok tetangganya, Pranoto langsung dibawa ke RSJ Lawang. Kasi PTM dan Keswa Dinkes Pemkab Blitar, Hyndra satria cahyono mengatakan, selama ini pihaknya memang rutin memantau perkembangan dan kondisi kejiwaan Pranoto. Namun, pada saat Pranoto harus mengkonsumsi obat secara rutin petugas mengalami kesulitan.

BACA JUGA :   Viral, Aksi Nasionalisme Ditunjukkan Oleh Para Pengendara Motor di Kediri

“Pranoto ini pasien yang sangat cerdas. Namun membahayakan. Kami berkoordinasi dengan Dinsos agar Pranoto ketika keluar dari RSJ bisa dibawa ke Liponsos Jatim. Jika tidak bisa, kami harus berembug dengan warga dan pamong desa, karena pemerintah punya program zero pasung. Namun kami tetap prioritaskan keselamatan warga sekitar,” pungkasnya.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI