Permendikbud-Ristek No. 30/2021 Harus Jadi Pelindung Ramah Jender - Lentera Inspiratif

HOME // Jawa Timur // Kriminal

 

Permendikbud-Ristek No. 30/2021 Harus Jadi Pelindung Ramah Jender

  Senin, 22 November 2021

Permendikbud-Ristek No. 30/2021, Pelindung Ramah Jender
Staf Wakil Ketua Umum IV EN-LMND, Sandy Aulia

Lenterainspiratif.id | Ternate – Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan-Riset Teknologi (Kemendikbud-Ristek) No 30 Tahun 2021, tentang aturan pencegahan dan penanggulangan kekerasan seksual di kampus diharapkan mampu jadi pelindung ramah jender.

Staf Wakil Ketua Umum IV EN-LMND, Sandy Aulia menekankan agar dapat memberikan akses keadilan bagi korban kekerasan serta melindungi saksi.

Menurut Sandi, saat di konfirmasi melalui pesan Whatsap, Senin (22/11/2021), menyampaikan sesuai data lapaoran hingga oktober 2021, tercatat 40 laporan kasus kekerasan di lingkungan kampus.

“Laporan tersebut melibatkan beberapa civitas akademika sebagai pelaku dan korban, serta masih banyak laporan yang belum tercatat dan masih banyak korban yang bungkam untuk menyuarakan mengenai kasus kekerasan (Sumber:hopehelp),” ucapnya

Lebih lanjut Sandy mengatakan Permendikbud-Ristek No. 30/2021 tentang aturan pencegahan dan penanggulangan kekerasan seksual di kampus seharusnya mampu menciptakan lingkungan kampus yang ramah gender dan bebas dari kekerasan seksual. Terkait perihal soal ‘nama baik kampus’ menjadi wacana untuk didefinisikan ulang.

BACA JUGA :   Pekerjakan Tenaga Dari Cina Dalam Pembangunanya PT. Aice Langgar Undang Undang

Kini, kata Waketum IV LMND, baik tidaknya nama kampus harus diukur dari kemampuannya dalam melindungi civitas akademik dari kekerasan seksual, memberikan akses keadilan bagi korban kekerasan serta melindungi saksi.

Laman: 123






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI