Permendikbud PPKS Terkesan Jadi Pelindung Seks Bebas Di kampus, Mulai Dikritik Aktifis Perempuan - Lentera Inspiratif

HOME // Hukum // Jawa Timur

 

Permendikbud PPKS Terkesan Jadi Pelindung Seks Bebas Di kampus, Mulai Dikritik Aktifis Perempuan

  Minggu, 21 November 2021

Permendikbud PPKS, Pelindung Seks Bebas, kampus, Aktifis Perempuan

Lenterainspiratif.id | Mojokerto – Munculnya Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Permendikbud) no 30 tahun 2021 yang seolah jadi pelindung seks bebas di kampus memunculkan pro dan kontra dari banyak pihak. Peraturan tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) ini tak lepas dari sorotan Mahasiswa Mojokerto.

Ana Yuskristiyaningsih, aktivis perempuan mengatakan, banyak poin-poin dan pasal penting di permendikbud ristek no 30 tahun 2021 yang yang malah terkesan melegalkan sex bebas.

“Sebagaimana pada pasal 5 ayat (2) huruf b, f, g, h, j, i dengan adanya frasa ‘tanpa persetujuan korban’ Secara tidak langsung melegalkan adanya seks bebas di lingkungan Perguruan tinggi,” ucap Ana, Minggu (21/11/2021).

Lebih lanjut, Mahasiswi UNIM Mojokerto ini juga memaparkan bahwa frasa ‘tanpa persetujuan korban’ malah bisa dijadikan upaya pelaku untuk lolos dari jeratan hukum kasus pelecehan seksual.

BACA JUGA :   Kepergok Maling Motor, Pemuda Asal Gading Hampir Dibakar Warga

“Seperti kasus yang pernah dikawal teman komunitas diluar kota. Ada seseorang yang mengalami tindak kekerasan seksual namun tidak langsung melaporkan kepada pihak berwajib. ketika pada proses pembuatan berita acara pemeriksaan, penyidik malah bertanya ‘mengapa baru melaporkan sekarang apakah beberapa bulan kemarin kamu setuju?’ Padahal beberapa bulan kemarin korban tidak langsung melaporkan karena mengalami gangguan stres dan trauma” paparnya.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI