BPCB Temukan Sistem Drainase Air Panas Saat Ekskavasi Candi Songgoriti, Batu - Lentera Inspiratif

HOME // Budaya // Daerah // Jawa Timur

 

BPCB Temukan Sistem Drainase Air Panas Saat Ekskavasi Candi Songgoriti, Batu

  Jumat, 19 November 2021

BPCB Temukan Sistem Drainase Air Panas Saat Ekskavasi Candi Songgoriti, Batu

Lenterainspiratif.id | Batu – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur menemukan sistem drainase air panas saat sedang melakukan ekskavasi Candi Songgoriti, Kota Batu. Diduga kuat sistem perpipaan tersebut dibuat zaman Belanda.

Pamong Ahli Budaya BPCB Jawa Timur Andi Muhammad Said mengatakan, pihaknya telah menemukan beberapa pipa-pipa air yang mengalirkan air panas dari sumber panas yang tak jauh dari lokasi Candi Songgoriti. Menurutnya keberadaan pipa-pipa tersebut mengubah kontruksi area candi.

“Jelas kita mengetahui bahwa bukti pemugaran dilakukan oleh Belanda, dari struktur dari pondasinya di bawah itu, sudah ada batu – batu yang digunakan ditambahkan, dikasih penanda batu baru, itu sudah ads temuan lain bahwa di bagian yang kita injak ini banyak tandon air dan pipa-pipa berseliweran begitu,” beber Said kepada wartawan, Kamis (18/11/2021).

BACA JUGA :   Tak Hanya Lewat Aplikasi Curhat Ning Ita, Walikota Mojokerto Juga Turun Ke Bawah Dengar Aspirasi Warga

Dia memastikan jaringan pipa air panas yang ada di sekitar Candi Songgoriti merupakan bagian dari pemugaran di tahun 1921 oleh pemerintah Belanda. Apalagi tak jauh dari lokasi candi dahulunya berdiri sebuah rumah sakit Belanda.

“Mungkin (Dibangun tahun 1921), bisa juga setelahnya, kan ini banyak eksploitasi diambil airnya, banyak sekali kita temukan tandon-tandon di bawah sana, itu juga struktur drainase itu nggak asli (bawaan candi), itu ada foto lama ada rumah sakit Belanda,” terangnya.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI