Dua Tebing Di Trenggalek Longsor Setelah Diguyur Hujan, Tutup Akses Jalan Dan Menimpa Rumah Warga - Lentera Inspiratif

HOME // Jawa Timur // Peristiwa

 

Dua Tebing Di Trenggalek Longsor Setelah Diguyur Hujan, Tutup Akses Jalan Dan Menimpa Rumah Warga

  Kamis, 18 November 2021

Dua Tebing Di Trenggalek Longsor

Lenterainspiratif.id | Trenggalek – Tebing setinggi 7 meter yang ada di Desa Salamwates, Kecamatan Dongko, longsor hingga menutup jalan sepanjang 12 meter. Selain tebing tersebut, tebing lain dengan ketinggian 12 meter yang ada Dusun Belang, Desa Salamwates, Kecamatan Dongko, juga longsor hingga menimpa rumah warga setempat bernama Kasmat, Rabu (17/11/2021) malam.

Banyaknya material tanah dan batu yang ambrol hingga menjebol dinding rumah Kasmat. “Informasinya, kerusakan cukup parah, di bagian rumah dan dapur. Yang tersisa hanya 1 kamar dan kamar tamu,” kata Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera, Kamis (18/11/2021).

Terjadinya bencana alam tersebut dipicu oleh tingginya intensitas hujan yang terjadi di wilayah Trenggalek. Akibatnya lereng yang ada di samping rumah Kasmat menjadi labil dan ambrol. “Setelah mendapatkan informasi adanya longsor, anggota kami dan unsur tiga pilar langsung mengecek lokasi kejadian. Kami pastikan seluruh penghuni rumah selamat,” jelasnya.

BACA JUGA :   Rumah Warga Trenggalek Rusak Akibat Ledakan Proyek Bendungan Bagong Akhirnya Diperbaiki

Dwiasi mengatakan, pasca kejadian para petugas mengalami kesulitan untuk menjangkau rumah korban karena akses jalan tertutup material longsor. Saat ini, masyarakat dibantu oleh petugas bergotongroyong membersihkan material longsor yang menutup jalan dan rumah Kasmat.

Kapolres juga menghimbau agar masyarakat selalu berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem yang terjadi. “Ancaman bencana hidrometeorologi benar-benar nyata, tadi malam itu banjir melanda Kecamatan Kampak, Gandusari, Durenan, Pogalan dan Trenggalek. Sedangkan longsor di Munjungan dan Dongko,” ujar Dwiasi. ( jun)

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI