Luas Hutan Lindung Menyempit, Diduga Jadi Sebab Banjir Bandang Di Batu - Lentera Inspiratif

HOME // Daerah // Jawa Timur

 

Luas Hutan Lindung Menyempit, Diduga Jadi Sebab Banjir Bandang Di Batu

  Kamis, 11 November 2021

hutan lindung, banjir bandang batu

lenterainspiratif.id | Batu – Banjir bandang yang melanda Kota Batu, Jawa Timur menyisakan duka mendalam bagi warga sekitar. Selain menelan sebanyak 7 korban jiwa, banjir yang terjadi pada 4 November 2021 juga berdampak terhadap 600 keluarga di wilayah setempat.

Menurut penjelasan BPBD Kota Malang, sebanyak 174 rumah di Kota Malang yang terendam lumpur dan sekitar 600 keluarga terdampak bencana banjir bandang tersebut.

“Ada 600 keluarga yang terdampak dengan total 1.050 warga, dampak paling parah terjadi di RW 9, Kelurahan Jatimulyo ” kata Kepala BPBD Kota Malang Alie Mulyanto, Selasa (9/11).

Banjir bandang yang melanda Kota Batu juga memunculkan tanda tanya. Bagaimana tidak, Kota Batu sendiri berada di ketinggian 862 meter di atas permukaan air laut. Tak sedikit yang mengaitkan banjir bandang tersebut dengan kerusakan lingkungan.

BACA JUGA :   Ini Sebab Penganiayaan Dan Pelecehan Pelajar Di Malang, Yang Videonya Viral

Salah satu organisasi yang meng-amin-i argumen kerusakan lingkungan menjadi dalang banjir bandang di Kota Batu adalah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Melalui Tim tanggap darurat dari Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa (ORPA) menyampaikan analisis salah satu penyebab terjadinya banjir bandang yang disebabkan menurunnya luas hutan dari tahun 1995 – 2021.

“Dari informasi pemetaan yang kami dapat dari satelit, terjadi penurunan hutan seluas 2085 ha, penurunan sawah seluas 2295 ha, peningkatan Kawasan pemukiman 420 ha, dan peningkatan luas perkebunan sebesar 3939 ha, ” Plt. Kepala Pusat Riset Aplikasi Penginderaan Jauh, ORPA, M. Rokhis Khomarudin dilansir dari laman Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Laman: 123






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI