Banyak Alam Yang Rusak, Mojokerto Berpotensi Banjir Bandang Seperti di Batu - Lentera Inspiratif

HOME // Jawa Timur // Peristiwa

 

Banyak Alam Yang Rusak, Mojokerto Berpotensi Banjir Bandang Seperti di Batu

  Kamis, 11 November 2021

Alam Rusak, Mojokerto Banjir Bandang

Lenterainspiratif. id | Mojokerto – Rusaknya lingkungan di daerah hulu berpotensi menjadi biang bencana banjir bandang seperti di kota Batu, hal itu didukung dengan tingginya intensitas hujan. Srikandi Peduli Lingkungan Majapahit (PSPLM) mewanti-wanti pemerintah agar memperhatikan pegunungan Mojokerto yang rusak.

Ketua PSPLM, Suwarti mengatakan, bahwa kerusakan lingkungan di wilayah pegunungan Mojokerto memang menjadi persoalan yang tak kunjung terselesaikan.

“Lingkungan dipegunungan Mojokerto sudah rusak karena banyaknya aktivitas galian C baik itu legal maupun ilegal,” ucap Suwarti saat dikonfirmasi melalui whatsapp, Kamis (11/11/2021).

Lebih lanjut, banyaknya pertambangan galian c semakin membuat hutan menjadi gundul dan lahan hijau di Kabupaten Mojokerto semakin terkikis.

“Kerusakan lingkungan ini disebabkan alih fungsi hutan karena pengembangan pembangunan dikawasan bukit dengan cara meng-exploitasi habis habisan,” tegasnya.

Berkaca banjir bandang yang terjadi di Kota Batu, PSPLM meminta Pemerintah segera melakukan tindakan atas kerusakan lingkungan di wilayah pegunungan.

BACA JUGA :   Hebat, Kota Mojokerto Bersiap Masuk Zona Hijau

“Kota Batu merupakan wilayah pegunungan, sama seperti kecamatan Pacet, Gondang, dan Jatirejo. Harusnya banjir bandang di Batu bisa dijadikan pembelajaran agar Pemkab segera melakukan tindakan tegas,” paparnya.

Suwarti juga meresahkan intensitas hujan yang tinggi. Menurutnya, hal ini bisa membuat wilayah pegunungan terancam bencana.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI