HOME // Tips

 

Banyak Orang Gemar Mengkonsumi Telur Mentah, Apakah Sehat ? Simak Penjelasannya

  Senin, 11 Oktober 2021

telur mentah, konsumsi telur mentah

Lenterainspiratif.id | Tips Sehat – Telur tidak hanya dikonsumsi saat sudah dimasak, tidak sedikit orang yang gemar mengkonsumi telur mentah dengan berbagai tujuan. Pasalnya mengkonsumsi telur mentah juga disebut-sebut dapat menyehatkan tubuh. Namun apakah aman mengkonsumsi telur mentah ?

Dikutip dari USDA, dalam 100 gram telur ayam mengandung sekitar 13 gram protein. Kandungannya yang tinggi inilah membuat telur banyak dikonsumsi sebagai makanan diet.

Dilansir dari Health Line (8/10), putih telur mengandung sumber protein pembentuk otot tubuh. Tak heran kalau sebagian orang percaya mengonsumsi telur dalam kondisi mentah bisa memaksimalkan manfaatnya, terutama para pelaku diet, para atlet dan binaragawan.

Lantas, apakah aman mengonsumsi putih telur mentah? Sebenarnya, putih telur memiliki peran untuk memberikan nutrisi pada embrio ayam dan melindunginya dari bakteri yang berpotensi membahayakan. Salah satunya bakteri salmonella yang banyak ditemui pada telur mentah.

BACA JUGA :    Waktu Tepat Morning Sex Agar Harimu Lebih Bersemangat

Telur dapat terpapar salmonella kapanpun, selama masa perkembangan telur maupun setelah disimpan. Bakteri salmonella ini dapat menembus hingga ke seluruh permukaan telur dan dapat bertahan dalam waktu lama.

Telur mentah atau setengah matang yang mengandung bakteri salmonella dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Gejalanya kerap muncul dari 6 jam hingga 6 hari setelah makan telur mentah atau setengah matang yang terkontaminasi. Gejala yang sering dialami berupa muntah, demam, diare, dan perut kram.

Oleh karena itu, telur sebaiknya dikonsumsi setelah dimasak hingga matang, namun jika anda tetap ingin mengkonsumsi telur mentah atau setengah matang, anda bisa memilih telur yang telah dipasteurisasi. ( tim )






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI