HOME // Jawa Timur // Peristiwa

 

Puluhan Kios di Pasar Kalibaru Banyuwangi Ludes Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta 

  Minggu, 10 Oktober 2021

Kios di Pasar Kalibaru, Banyuwangi, kebakaran

Banyuwangi | Lenterainspiratif.id  – Peristiwa kebakaran terjadi di Pasar Kalibaru, Banyuwangi. Puluhan kios yang terbakar itu terjadi disebabkan korsleting listrik yang terjadi di sebuah toko plastik.

Berdasarkan keterangan saksi titik api mulanya berasal dari kios yang berjualan perabotan plastik dan sembako sekitar pukul 00.30 WIB. Kobaran api pun lantas menjalar ke kios yang lainnya.

“Iya benar kobaran api diketahui sekitar pukul 00.30 WIB dini hari dari salah satu kios dan terus merembet ke kios sebelahnya,” kata AKP Abdul Jabar, Kapolsek Kalibaru kepada wartawan, Minggu dinihari (10/10/2021).

Lima unit mobil PMK diterjunkan untuk melakukan pemadaman. Selain itu petugas juga dibantu warga untuk memadamkan api.

“Tadi ada 5 PMK yang memadamkan. Total ada 29 kios sembako dan lainnya ludes terbakar. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 03.30 WIB pagi tadi,” katanya.

BACA JUGA :   Alami Rem Blong Ibu Asal Jombang Tewas di Jalur Tengkorak Cangar Pacet Mojokerto

Menurut Kapolsek, pada tahun 1998 sudah pernah terjadi kebakaran di Pasar ini dan meluluh lantakkan seluruh Pasar. Saat ini sudah di pasang garis polisi.

“Pemilik dagangan lainnya langsung menyelamatkan barang-barangnya. Beras, mi instan, minyak goreng dan lainnya semua dikeluarkan. Karena trauma kebakaran 1998 terulang kembali,” jelasnya.

“Kita pasang police line dan anggota sudah berjaga di lokasi. Selain pemilik dan petugas, kami larang untuk memasuki area pasar sampai semuanya sudah selesai dievakuasi,” paparnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Akibat kebakaran ini, kerugian ditaksir mencapai Rp 800 juta. ( suf )






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI