HOME // Tips

 

Lima Makanan Yang Dapat Membantu Mengatasi Nyeri Sendi

  Rabu, 6 Oktober 2021

nyeri sendi, atasi nyeri sendi

Lenterainspiratif.id | Tips Sehat – Nyeri sendi sering kali menghambat aktivitas sehari-hari kita, belum lagi rasa nyerinya yabg membuat kita kesakitan dan tidak nyaman. Untuk mengatasi hal itu biasanya kita kerap mengkonsumsi obat pereda nyeri atau memeriksakannya ke dokter. Namun tahukah anda, beberapa makanan ternyata juga dapat membantu meredakan nyeri sendi lho.

Ben Franklin, selaku ahli kesehatan tulang, mengatakan bahwa menjalani pola makan yang sehat dan kebiasaan berolahraga yang baik sangat mendukung kesehatan tulang dan sendi. Terutama pada orang dewasa menjaga pola hidup yang sehat setiap hari diakui sangat penting.

Berikut 5 makanan yang dapat membantu meredakan nyeri sendi :

1. Minyak Ikan
Ikan yang hidup di air dingin diketahui memiliki kandungan asam lemak Omega-3 pada minyaknya. Nutrisi ini menjadi nutrisi yang dinilai cukup penting untuk kesehatan manusia secara keseluruhan.

BACA JUGA :   Cara Cek Program Bantuan Bansos Tunai ( BST ) Dengan Cepat

Tidak hanya untuk mengatasi inflamasi protein di dalam tubuh, tetapi nutrisi ini juga dibutuhkan untuk meningkatkan fungsi otak dan menurunkan risiko sakit jantung, diabetes serta penyakit lainnya termasuk nyeri sendi. Minyak ikan yang mengandung asam lemak omega-3 ini dapat ditemukan pada ikan-ikan seperti tuna, salmon, trout, halibut dan sarden.

2. Kacang dan Biji-Bijian
Bagi para vegetarian ini akan menjadi kabar baik untuk kesehatannya. Kacang dan biji-bijian diakui sebagai bahan makanan vegetarian yang paling baik untuk mengatasi nyeri sendi yang disebabkan oleh inflamasi.

Hal ini berkaitan dengan kandungan Omega-3 yang juga ditemukan pada kacang-kacangan dan biji-bijian. Setidaknya konsumsi segenggam kacang-kacangan atau biji-bijian dinilai sudah cukup ampuh untuk membantu meringankan inflamasi pada sendi dan lapisan di antara sendi.

3. Minyak Zaitun
Minyak sayur, minyak bunga matahari hingga minyak kacang sekalipun masih belum cukup baik karena dapat memicu inflamasi atau peradangan termasuk pada persendian. Dibandingkan dengan menggunakan dua sendok makan minyak sayur coba ganti penggunaannya dengan minyak zaitun.

BACA JUGA :   Terlalu Sering Mengkonsumsi Teh Ternyata Dapat Menyebabkan Gigi Kuning

Minyak zaitun ini bahkan menjadi yang palin sangat direkomendasikan pada pola diet Mediterania bahkan disarankan untuk diminum. Kandungan Omega-3 yang ada pada buah zaitun menjadi alasan utamanya dapat membantu mengatasi nyeri sendi.

4. Bawang Putih dan Umbi Akar
Walaupun bentuknya kecil, beberapa umbi akar justru memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik. Misalnya seperti yang diakui oleh para ahli yang ditemukan pada bawang putih, bawang bombai, atau bahkan kunyit.

Ketiganya mengandung antioksidan yang sangat baik sehingga dapat membantu mengurangi inflamasi pada sendi yang menyebabkan munculnya nyeri sendi. Selain itu jika ditambahkan pada hidangan ketiga jenis umbi akar tersebut sangat baik untuk memberikan rasa yang lezat.

5. Kaldu Tulang
Bukan sekadar memberikan rasa, ternyata kaldu yang terbuat dari tulang juga memiliki manfaat kesehatan yang datang dari kandungan nutrisi tulang yang digunakan. Tulang hewan mengandung glukosamin, kondroitin, serta asam amino yang sangat baik untuk persendian.

BACA JUGA :    Waktu Tepat Morning Sex Agar Harimu Lebih Bersemangat

Selain itu tulang yang dibuat menjadi kaldu juga bisa menjadi alternatif untuk asupan kalsium dan membantu kepadatan tulang dan sendi. Kandungan gelatin yang keluar dalam proses pembuatan kaldu tulang ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan persendian secara alami. ( tim )






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI