HOME // Daerah // Jawa Timur

 

Kejari Sidoarjo Kembalikan Uang korupsi Dana Desa Sebesar Rp 541 Juta

  Selasa, 21 September 2021

kejari sidoarjo, korupsi, dana desa

Sidoarjo | Lenterainspiratif.id – Kejari Sidoarjo mengembalikan uang yang disita dari Bambang Sugeng, Kepala Desa Kemantren, dalam kasus korupsi anggaran APBDes tahun 2018 – 2019. Uang senilai Rp 541 juta itu diserahkan Kejari Sidoarjo kepada Kuswandi, Kepala Desa Kemantren yang baru.

“Sesuai keputusan pengadilan Tipikor Surabaya, hari ini kami mengembalikan uang kerugian negara. Sebesar Rp 531.912.794 ke penjabat Kades Desa Kemantren yang baru,” ujar Kajari Sidoarjo Arief Zahrulyani di Balai Desa Kemantren, Tulangan, Selasa (21/9/2021).

Proses serah terima uang tersebut dilakukan di balai desa Kemantren. Arief berharap kejadian serupa tidak terulang kembali. “Selain mengembalikan uang tersebut, kami juga melakukan penyuluhan hukum kepada masyarakat desa. Dengan harapan bahwa masyarakat sadar hukum,” jelas Arief.

Arief mengharapkan perangkat desa bisa mengelola dana desa itu secara betul dan transparan, serta harus sesuai dengan tata aturannya. Agar tidak terulang kembali penyalahgunaan dana desa atau APBDes.

BACA JUGA :   Jadi Tersangka Korupsi 2 Tahun, Mantan Kadis Pertanian Akhirnya Ditahan

“Yang terpenting itu perangkat desa harus transparan dan harus sesuai aturannya untuk mengelola dana desa,” tandas Arief.

Sementara itu Kades Desa Kemantren Kuswandi mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Kejari Sidoarjo. Yang telah membantu mengembalikan dana desa tersebut, rencana dana itu akan di manfaat untuk pembangunan di desa yang tahun ini belum diselesaikan.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI