HOME // Hobby

 

Cara Memilih Ayam Aduan Pukul Sadis

  Minggu, 19 September 2021

Ayam Aduan Pukul Sadis, ayam bangkok, ayam pukul keras

Ayam Aduan | Lenterainspiratif.id – Bagi para penghobi ayam aduan pukul sadis, terutama yang menjadi boto pemula wajib tahu bagaimana ciri ciri ayam bangkok yang bagus untuk diadu atau ditarungkan di kalangan ayam Petarung.

Berikut adalah Ciri fisik anak ayam yang bagus pada usia 2-3 bulan dapat diketahui dengan beberapa tahapan.

Paruh Anak Ayam
Langkah pertama yaitu memperhatikan dari ketebalan paruh, karena paruh sendiri menjadi titik penentu ketika dewasa menjadi ayam pukul keras atau tidak. kita dapat mengamatinya dengan detail. Paruh yang bagus pada bagian atasnya agak naik sedikit atau orang jawa menyebut ngalen.

Ciri khusus lainnya terlihat ada garis atau lekukan sedikit pada paruh atasnya atau lebih menyerupai burung elang. Sedangkan dari warnanya lebih bagus kalau serupa dengan corak sisik kaki ayamnya. Tapi jangan memilih yang terlalu tebal dan pendek ya biasanya tipe tersebut sulit mematuk musuhnya.

BACA JUGA :   Jenis Ayam Petarung Paling Populer

Bentuk Kepala
Anakan yang kemungkinan besar menjadi calon jawara biasanya memiliki bentuk kepala yang lebih mirip dengan burung rajawali dengan ketebalan tulang dan kulit halus namung keras.

Kenapa kami menyarankan yang tidak tipis? Sebab lebih rawan ketika bertemu lawan pukulan berefek atau tipe jalu yang membahayakan cidera pada kepala ayam. Dengan demikian alhasil bisa menjadi bahan pertimbangan ketika hendak membeli anak ayam.

Mata Anak Ayam Bangkok
Bentuk mata dan warnan irisnya. Cara memilih yang bagus yakni matanya bening bersih tulang alis lebih menonjol dan mata menjorok kedalam. Namun fakta dilapangan terkadang berbeda, maka dari itu jangan lupa cek pejantan dan induknya serta contoh anakan yang sudah besar.

Karena berdasarkan pengalaman kami juga pernah mengalami kalau anakan seperti ini jarang ditemui, sebab ketika beranjak dewasa baru mulai kelihatan. Untuk itu sebaiknya menanyakan langsung sama yang memelihara.

BACA JUGA :   Cara Beternak Ayam Bangkok Juara Sebagai Generasi Penerus

Struktur Badan Ayam
Tahap ke empat yakni mengecek dari tulangan, apakah semuanya normal dan ketebalannya masuk kriteria calon andalan sobat tidak. Umumnya ada beberapa tipe yakni bodi panjang dan pendek.

Pada bodi panjang biasanya cenderung postur jingkring dan bobotnya tidak begitu besar, akan tetapi tergantung juga dari struktur tulangnya. Sedangkan yang pendek lebih ke perawakan mbahu dan melebar serta tidak tinggi. Jadi cukup sesuaikan dengan kesukaan sendiri untuk memilahnya.

Kelengkapan Bulu
Cara memilih anak ayam bangkok yang bagus berikutnya yakni memeriksa keutuhan bulu seluruh badan ayam. Meskipun dipotong ketika masih kecil tetap akan kelihatan dari pertumbuhan dan kenormalan bulunya.

Sebab ketika menemukan ayam yang bulunya gotang, bogang. Bahkan ada yang bogang dari 1 bulu yang letaknya pada sayap. Untuk amannya ya yang tidak minus karena bila bertemu lawan tipe bongkar sayap akan sulit menyelipnya.

BACA JUGA :   Jurus Ampuh Melatih Ayam Supaya Jadi Petarung Tangguh

Model Kaki Ayam
Pertama perhatikan bentuk lututnya menonjol kebelakang tidak. Sesudah itu keseimbangan antara panjang dan pendeknya.

Kedua yaitu bentuk jari jemarinya normal apakah normal tidak. Karakter ayam pukulan keras biasanya ditandai jari yang memanjang dan sedikit melebar serta kering. Cara ini insyaallah sudah cukup untuk mencari bibit ayam aduan unggulan.

Sisik Kaki Ayam
Terakhir yang tak boleh dilewatkan yaitu sisik kaki anak ayam bangkok, karena penghobi lainnya pun memperhatikan model sisiknya. Jenis sisik sendiri ada beberapa seperti blimbing, beras wutah, satria sinekti, tanjung karang, batu lapak dan sebagainya.

Pada dasarnya acuan pokok pada sisik yang kering, karena tipe ini lebih kuat bertarung lebih lama dan memiliki pukulan keras serta berefek. Untuk itu bisa menyeleksi yang sisik kaki ayam kering saja.






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI