HOME // Tips

 

Cara Atasi Rasa Cemas Yang Berlebihan Dalam Bekerja

  Kamis, 16 September 2021

Cara Atasi Rasa Cemas Yang Berlebihan Dalam Bekerja

Lenterainspiratif.id – Karyawan baru memang kerapkali mempunyai rasa khawatir atau rasa cemas yang berlebihan dalam bekerja. Bahkan kekhawatiran itu seringkali tidak rasional sehingga terlalu berlebihan dalam menyelesaikan tugas.

Berdasarkan survei yang dilakukan Anxiety Disorders Association of America, seperti yang dilansir dari laman Very well mind, Senin (13/9/2021), bahwa setidaknya ada 40% individu yang mengalami stres berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari mereka, karena dampak dari gangguan kecemasan di tempat kerja.

Gejala-gejala yang sering muncul ketika seseorang mengalami stres akibat di tempat kerja antara lain adalah sebagai berikut :

· Kekhawatiran yang berlebihan atau tidak rasional

· Kesulitan tertidur dan sulit bangun di pagi hari

· Reaksi kaget yang berlebihan

· Merasa gelisah dan kelelahan

· Gemetar dan jantung sering berdebar kencang

· Mulut kering dan mudah berkeringat

BACA JUGA :   Varian Baru Racikan Kopi dan Kunyit Disebut Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh

· Sering mengambil cuti berhari-hari

· Terlalu fokus pada aspek negatif dari pekerjaan mereka

· Terlalu berlebihan dalam menyelesaikan tugas dengan tenggat waktu

Gejala-gejala itu muncul karena karena dalam satu hari kita banyak menghabiskan waktu di tempat kerja sehingga tak jarang dapat memicu kecemasan yang berlebihan.

Namun jika terjadi secara terus menerus, hal tersebut dapat berdampak pada banyak aspek di kehidupan Anda. Berikut ini adalah cara untuk mencegah work anxiety:

Jangan segan meminta bantuan kepada atasan

Meskipun Anda mungkin takut bahwa berbagi perasaan akan menyebabkan dicap lemah atau diperlakukan dengan buruk, sebagian besar atasan mungkin akan responsif dan menawarkan Anda bantuan. Tidak ada salahnya Anda terbuka dengan bos mengenai permasalahan yang sedang Anda hadapi. Selain itu ketahuilah bahwa kecemasan di tempat kerja dapat menular, cobalah untuk menjauh dari orang-orang yang membuat Anda merasa lebih buruk, sebisa mungkin.

BACA JUGA :   Tiga Menu Sarapan Membuat Kita Tak Bertenaga Dan Meningkatkan Resiko Terkena Penyakit

Luangkan waktu untuk diri sendiri

Pastikan untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri dan terbebas dari masalah pekerjaan. Temukan hal-hal yang membangkitkan mood Anda. Seperti meluangkan waktu istirahat untuk makan siang dan berbagi makanan dengan orang lain di luar area kerja Anda, pergi berjalan-jalan di luar ruangan saat istirahat jika memungkinkan. ( tim )






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI