HOME // Tips

 

Manfaat Labu Kuning Untuk MPASI Yang Baik Untuk Balita

  Rabu, 15 September 2021

Manfaat Labu Kuning Untuk Balita

Lenterainspiratif.id | Tips Sehat – Labu kuning masih jarang sekali di lirik orangtua untuk dijadikan bahan MPASI atau makanan pendamping air susu ibu yang diberikan kepada bayi berusia 6 bulan atau 8 bulan hingga balita berusia 2 tahun.

Selain rendah lemak, labu kuning mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi, yaitu kalsium, zat besi, kalium, zinc, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, karbohidrat kompleks, air, protein, juga serat.

Berikut 6 manfaat Labu kuning yang baik untuk bayi :

1. Menjaga kesehatan mata
Warna kuning dan oranye pada buah labu berasal dari kandungan beta karoten yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin ini sangat baik untuk mendukung kesehatan mata bayi.

Kandungan vitamin A, lutein, dan zeaxanthin pada labu kuning berguna untuk melindungi mata dari beragam penyakit, serta membantu retina menyerap dan memproses cahaya yang masuk ke mata.

BACA JUGA :   5 Bahan Alami Yang Dapat Mengembalikan Indera Penciuman

2. Meningkatkan daya tahan tubuh
Labu kaya akan kandungan zat besi, asam folat, serta vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang merupakan antioksidan. Semua nutrisi tersebut berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh bayi. Antioksidan juga berperan penting dalam menangkal efek radikal bebas.

Mengonsumsi labu kuning dengan kadar yang cukup bisa membuat sel-sel kekebalan tubuh bekerja lebih baik untuk menangkal dan mencegah infeksi serta mempercepat proses penyembuhan ketika bayi sakit atau terluka.

3. Membuat kulit menjadi sehat
Selain baik untuk mata, beta karoten yang terkandung pada labu kuning bisa bertindak sebagai tabir surya alami yang mampu menghalau bahaya paparan sinar matahari berlebih pada kulit.

Tidak hanya vitamin A, vitamin C pada labu juga berperan dalam proses pembentukan kolagen yang sangat dibutuhkan oleh kulit bayi agar senantiasa sehat dan kenyal.

BACA JUGA :   Cara Cepat Turunkan Berat Badan Secara Alami

4. Melancarkan pencernaan bayi
Selain kaya akan vitamin dan mineral, labu kuning juga banyak mengandung serat dan karbohidrat kompleks. Nutrisi ini baik untuk menjaga saluran cerna bayi bergerak dengan lancar dan mencegahnya terkena sembelit.

Untuk mencukupi kebutuhan seratnya, bayi perlu mengonsumsi sekitar 10 gram serat setiap hari. Asupan serat ini bisa didapatkan dari kacang-kacangan serta buah dan sayuran. Salah satunya adalah labu kuning.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis
Radikal bebas adalah molekul yang diproduksi oleh proses metabolisme tubuh. Meskipun sangat tidak stabil, mereka memiliki peran yang berguna seperti menghancurkan bakteri berbahaya.

Radikal bebas yang berlebihan di dalam tubuh akan menciptakan keadaan yang disebut stres oksidatif yang dikaitkan dengan penyakit kronis, termasuk jantung dan kanker.

Labu mengandung antioksidan seperti alfa-karoten, beta karoten dan beta cryptoxanthin. Ini dapat menetralkan radikal bebas, menghentikan dari kerusakan sel.

BACA JUGA :   Ini Tips Agar Tubuh Tetap Sehat Saat Musim Hujan

6. Tidur Lebih Nyenyak
Labu mengandung triptofan yang membantu tubuh berkembang menghasilkan serotonin kimiawi. Kebanyakan orang sudah familiar dengan bahan kimia khusus ini sekarang.

Serotonin terkait dengan kebahagiaan, kesejahteraan dan relaksasi sehingga membuat tubuh tidur lebih nyenyak. ( tim)






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI