HOME // Daerah // Jawa Timur

 

Polda Jatim Akan Secara Rutin Melakukan Sosialisasi dan Edukasi Tentang Bahaya Membuat Bondet

  Selasa, 14 September 2021

Polda Jatim Akan Secara Rutin Melakukan Sosialisasi dan Edukasi Tentang Bahaya Membuat Bondet

Surabaya | Lenterainspiratif.id – Terkait insiden ledakan bom bondet yang memakan korban jiwa dan korban luka, beberapa waktu lalu. Polda Jatim bakal menggiatkan kembali edukasi terhadap masyarakat mengenai bahaya nya membuat bom ikan atau bondet.

Sebelumnya, ayah dan anak warga Dusun Macan Putih, Desa Pekangkungan, Gondangwetan, Pasuruan, Ghofar (40) dan Mat Sidiq (60) tewas akibat ledakan besar yang berasal dari bondet berskala besar, Sabtu (11/9/2021).

Sedangkan dua orang lainnya, Fery (17) anak Ghofar, dan Imron (30) adik Ghofar, mengalami luka-luka. Selain membuat dua rumah hancur, dilaporkan setidaknya ada 21 rumah lain yang mengalami kerusakan.

“Guna mengantisipasi kejadian serupa, kami mengimbau warga tidak lagi membeli atau merakit bahan peledak bondet atau sejenisnya, sekalipun untuk kepentingan menangkap ikan,” ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko, Senin (13/9/2021).

BACA JUGA :   Pengiriman Satwa Dilindungi Berhasil Digagalkan Polda Jatim di Surabaya

Penggunaan bondet untuk menangkap ikan juga tidak dapat dibenarkan. Mengingat sangat mengancam keselamatan manusia.

“Metode menangkap ikan menggunakan bondet juga tidak dibenarkan, atau sudah dikategorikan sebagai kegiatan yg dilarang, karena terbukti berpotensi merusak terumbu karang,” jelasnya.

Eduskasi akan secara rutin dilakukan di berbagai polres melalui institusi pembinaan masyarakat di skala mikro, yakni Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas).

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI