HOME // Tips

 

Deretan Buah Mengandung Banyak Kalsium

  Selasa, 14 September 2021

Deretan Buah Mengandung Banyak Kalsium

lenterainspiratif.id | Seiring bertambahnya usia, kekuatan serta kepadatan tulang berkurang, alhasil tulang tidak lagi kuat. Beberapa masalah yang sering dialami yakni rasa nyeri pada tulang, termasuk pada bagian sendi. Untuk membuat tulang tetap kuat dan sehat, kamu bisa mengonsumsi berbagai makanan tinggi kalsium.

Sumber kalsium tidak hanya dari susu, sejumlah buah juga mengandung banyak kalsium dan akan memberikan manfaat. Sebagaimana dilansir dari Food NDTV (6/9), berikut buah-buahan yang bisa mengandung banyak kalsium :

1. Jeruk

Jeruk sering disebut sebagai buah yang tinggi vitamin C jadi tak jarang orang mengonsumsi jeruk sebagai sumber asupan vitamin C. Tak hanya itu, jeruk juga tinggi kalsium serta vitamin D yang berkontribusi pada kekuatan tulang.

Konsumsi jus jeruk secara teratur dapat mencegah osteoporosis. Jeruk punya rasa yang segar sehingga cocok dipadukan dengan berbagai buah lain untuk dijadikan jus. Coba buat jus atau smoothies sehat yang diracik dengan campuran jeruk, pisang dan strawberry. Rasanya dijamin bikin ketagihan.

BACA JUGA :   Kecerdasan Anak Dapat di Stimulus Dengan 5 Nutrisi Ini 

2. Pisang

Pisang membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Buah berkulit kuning ini juga merupakan sumber magnesium yang memainkan peran untuk perkembangan struktur tulang dan gigi.

Konsumsi satu buah pisang per hari membantu menurunkan resiko osteoporosis atau pengeroposan tulang. Untuk hasil yang maksimal, konsumsi pisang langsung agar nutrisinya terjaganya. Tapi sesekali pisang bisa diracik jadi makanan enak seperti pisang goreng atau cake pisang yang lembut menggoda.

3. Nanas

Nanas memiliki kandungan kalsium dalam jumlah tinggi. Dalam 100 gr nanas matang mengandung 13mg kalsium. Buah dengan rasa manis asam ini juga sumber potassium yang berperan menetralkan beban asam dalam tubuh dan mencegah hilangnya kalsium.

Nanas juga merupakan sumber Vitamin A dan vitamin C. Konsumsi nanas setiap hari akan membantu menguatkan tulang, menjaga sistem imun serta membuat tubuh tetap bugar menjalankan aktivitas. Rasa nanas yang segar cocok dijadikan camilan saat siang hari.

BACA JUGA :   Lewati Jalur Ekstrem Sendi Pacet, Baca Dulu Tips Ini

4. Strawberry

Strawberry mengandung berbagai nutrisi seperti kalsium, mangan, potasium, Vitamin K, dan Vitamin C, yang membantu dalam pembentukan struktur tulang. Strawberry segar juga mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi.

Konsumsi strawberry secara rutin memberi manfaat kesehatan seperti menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, dan menjaga kesehatan kulit. Strawberry bisa dimakan langsung ataupun diolah menjadi jus segar. Untuk manfaat kecantikan, strawberry bisa dibuat sebagai masker wajah alami.

5. Pepaya

Selama ini pepaya diandalkan sebagai buah untuk melancarkan pencernaan. Sebenarnya tak hanya itu, pepaya juga mengandung kalsium dan berbagai vitamin lain yang membantu menjaga kesehatan tubuh.

Dalam 100 gram pepaya matang mengandung 20 mg kalsium yang berperan aktif menjaga kepadatan tulang dan gigi. Pepaya juga baik untuk mengontrol kolesterol dalam darah sehingga disarankan untuk dikonsumsi secara rutin oleh penderita kolesterol. ( tim )

BACA JUGA :   Deretan Buah Yang Bikin Kulit Cerah Terawat





Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI