HOME // Nasional

 

Strategi Mensos Risma Atasi Masalah Bansos Tak Tanggung Tanggung Salah Satunya Gandeng KPK

  Kamis, 9 September 2021

Kemensos Siapkan Rp 24 Miliar Untuk Anak Yang Orang Tuanya Meninggal Karena Covid 19
Menteri Sosial Tri Rismaharini

Jakarta | lenterainspiratif.id – Banyaknya persoalan Bantuan sosial (bansos) membuat Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memutar otak untuk membuat startegi salah satunya adalah menggandeng Komisi pemberantasan korupsi ( KPK ). mantan Walikota Surabaya Ini mengungkap empat strategi untuk mengatasi masalah bansos, terutama bagi warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Strategi pertama, kata Risma, memperbaiki sistem walaupun tidak semua masyarakat melek terhadap sistem tersebut.

“Perbaikan sistem itu berat tetapi harus dilaklukan untuk mengubah ke arah yang lebih baik dimulai dari pembaruan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), meng-cleansing data ganda, memadankan data dengan nomor induk kependudukan (NIK),” kata Risma dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (7/9/2021).

Risma mengatakan, perbaikan data penerima bantuan perlu melibatkan peran aktif dari pemerintah daerah (pemda). Namun, sampai saat ini masih ada pemda yang tidak aktif dan peduli terhadap perbaruan data sehingga berdampak pada tidak akuratnya penerima bantuan di daerahnya.

BACA JUGA :   Habis Videonya Viral, Taufik Monyong Minta Maaf Bikin Gaduh

Bahkan, menurut dia, ada pemda yang tidak melakukan pembaruan data selama 10 tahun, sehingga tidak heran data di lapangan berbeda dengan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

“Pernah suatu ketika saya diprotes masyarakat karena tidak menerima bantuan padahal sebelumnya menerima, setelah ditelusuri ternyata dia pindah alamat dan tidak menginformasikan pada ketua RT/RW setempat,” ujar dia.

Laman: 123






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI