HOME // Jawa Timur // Peristiwa

 

Sebab Kawanan Hiu Tutul Menepi Di Pantai Lamongan

  Kamis, 9 September 2021

Hiu Tutul di Pantai Lamongan 

Lamongan | Lenterainspiratif.id  – Kawanan hiu tutul menepi di perairan Pantai Paciran, tepatnya di pantai Desa Kemantren, Kecamatan Paciran Lamongan, pada Rabu (8/9). Menurut Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Surabaya, Bidang Wilayah II BBKSDA Jatim, Dodit Ari Guntoro, menepinya kawanan hiu itu dikarena adanya perubahan temperatur air akibat peralihan cuaca. Sedangkan hiu tutul mencari makan dengan mengikuti perubahan temperatur air itu.

Selain itu, terjadinya kesalahan navigasi juga menjadi penyebab hiu tutul menepi. Hal ini terjadi manakala ada aspek-aspek tertentu dari garis pantai atau dasar laut yang kemudian membingungkan hiu tutul tersebut.

“Ada kalanya hal ini terjadi karena kesalahan navigasi, atau karena makanan atau mencari plankton. Serta unsur lainnya seperti usia ataupun mengikuti pemimpin kelompok. Seperti yang kita tahu, bahwa hiu maupun paus memiliki cara berkomunikasi dan navigasi melalui pantulan suara,” kata Dodit saat dihubungi wartawan, Kamis (9/9/2021).

BACA JUGA :   Berebut Hak Asuh Anak Suami Di Lamongan Nekat Aniaya Sang Istri 

Menurut seorang saksi mata, Andik Sunaryo, hiu tutul itu muncul pada jarak 500 meter dari bibir pantai. Menurutnya ada sekitar 4 hingga 5 ekor hiu tutul yang muncul diperairan pantai Paciran.

“Pas saya lagi kerja dan hendak sandarkan kapal, saya mengetahui ikan hiu tutul tersebut. Lalu saya langsung merekamnya,” kata Andik kepada wartawan, Kamis (9/9/2021). ( man )

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI