HOME // Daerah // Maluku Utara

 

Cegah Flu Burung, BKP Kelas II Ternate Musnahkan Puluhan Unggas Asal Manado Dari Hasil Penyelundupan

  Kamis, 9 September 2021

BKP Kelas II Ternate Musnahkan Puluhan Unggas

Ternate | Lenterainspiratif.id – Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas II Ternate lakukan pemusnahan terhadap 50 ekor lovebird asal Manado, Kamis (09/09). Pasalnya, puluhan Lovebird yang dimusnahkan merupakan hasil tangkapan dari KM. Simba pada Minggu (05/09) kemarin, di Pelabuhan Jailolo.

Diketahui, selain burung Lovebird, petugas Karantina Pertanian Ternate juga melakukan pemusnahan terhadap 15 ekor ayam hias yang turut diselundupkan melalui KM. Simba. Hasil tangkapan sebelumnya sepanjang Bulan Agustus – September berupa 12 ekor unggas dewasa dari beberapa kapal penumpang juga turut dimusnahkan. Total, ada 77 ekor unggas dewasa yang dimusnahkan hari ini.

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Ternate, Ir. Yusup Patiroy, M.M, mengatakan unggas dewasa merupakan media pembawa hama dan penyakit hewan karantina. Maluku Utara termasuk salah satu diantara tiga propinsi di Indonesia yang masih bebas flu burung berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 67 Tahun 2016. Unggas dewasa dari daerah tidak bebas flu burung dilarang masuk ke Maluku Utara.

BACA JUGA :   Penetapan Presma Unkhair Di Nilai Salah Aturan

“Unggas dewasa dari daerah tidak bebas flu burung berisiko membawa virus tersebut ke Maluku Utara. Meski terlihat sehat, tidak ada yang bisa menjamin unggas dewasa ini tidak membawa virus flu burung di dalam tubuhnya. Ini yang kita cegah, karena flu burung dapat menjadi ancaman bagi perekonomian Maluku Utara. Peternakan kita bisa hancur,” kata Yusup.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI