HOME // Jawa Timur // Peristiwa

 

Uang Kepeng Yang Ditemukan Di lamongan Diperkirakan Dari Abad ke 10

  Rabu, 8 September 2021

Uang Kepeng Yang Di lamongan
Uang kepeng

Lamongan | Lenterainspiratif.id – Terkait uang kuno atau uang kepeng yang ditemukan di Desa Sukosongo, Kembangbahu, Lamongan. Kabid Kebudayaan Disparbud Lamongan Miftah Alamuddin, mengatakan koin kepeng tersebut diperkirakan berasal dari abad 10-12 Masehi.

“Kami telah membawa sampel koin dan batu bata yang kita dapat dari Desa Sukosongo, Kecamatan Kembangbahu untuk kami konsultasikan dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim mengenai temuan tersebut,” kata Miftah Alamuddin, Selasa (8/9/2021).

Koin kepeng berbentuk bulan dengan lubang ditengahnya itu diperkirakan dari masa Dinasti Song di China pada abad 10-12 masehi. Sedangkan batu bata berukuran besar yang juga ditemukan di sekitar lokasi penemuan koin, diperkirakan berusia sangat tua dan identik dengan batu bata era kerajaan Majapahit.

“Koin temuan berasal dari Dinasti Song abad 10-12 M. Sedangkan batu batanya identik dengan batu bata era Majapahit,” ujar Miftah.

BACA JUGA :   Kakek Tewas Tergantung Di Pohon Mangga Hebohkan Warga

Hanya saja, lanjut Miftah, pihaknya belum bisa menginterpretasikan lebih jauh temuan tersebut. Miftah mengaku, belum bisa diketahui apakah lokasi ditemukannya uang kepeng kuno dan batu bata itu adalah bekas pemukiman atau rumah ibadah atau apa karena minimnya data temuan.

“Belum bisa diinterpretasikan lebih karena butuh kajian lebih lanjut, karena minimnya data temuan selain koin dan batu bata kuno tersebut,” tandasnya.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI