HOME // Maluku Utara

 

Gelar Kegiatan Pemetaan SIG. Ini Yang Di Fokuskan Dinas Kehutanan Provinsi Malut

  Senin, 6 September 2021

Dinas Kehutanan Provinsi Malut

Sofifi | Lenterainspiratif.id – Dinas Kehutanan Provinsi Maluku Utara, telah melaksanakan Pelatihan Dasar/In-House Training, “Pemetaan dan Sistem Informasi Geografis (SIG) Berbasis Drone dan Android”, yang bertempat di Sahid Bela Hotel, Lantai II Meeting Room, Kelurahan Jati, Kota Ternate Selatan. Senin (06/09).

Hadir saat giat perwakilan UPTD Dinas Kehutanan di 10 Kabupaten/Kota provinsi Maluku Utara, sebanyak 42 orang, masing-masing keterwakilan dua (2) orang dari Kabupaten/Kota. Sementara di ketahui, kegiatan di laksanakan selama 7 Hari, di mulai pada Sabtu (04/09/2021) hingga Jumat (10/09/2021).

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Maluku Utara, Syukur Lila, dalam sambutannya, menyampaikan, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebijakan nasional, informasi geospasial semakin dibutuhkan oleh seluruh pemangku kepentingan pembangunan di Indonesia.

“Banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan mempelajari SIG, selain dalam hal pemetaan, SIG juga mempunyai peran penting untuk membantu mengidentifikasi sumberdaya alam, pengelolaan pascabencana, pengidentifikasian masalah tenurial dan okupasi kawasan hutan, pengelolaan persetujuan dan perizinan sektor kehutanan, hingga dalam hal penentuan kebijakan pembangunan kehutanan yang semakin rumit dan kompleks,” ucap Kadis.

BACA JUGA :   Candaan Kedua Karyawan Magang Di PT NHM Membuat Kadis Nakertrans Malut Bereaksi

Oleh sebab itu, menurut Kadis, informasi geospasial beserta kegiatan penyelenggaraannya dari hulu sampai dengan ke hilir, di dalamnya termasuk kegiatan survei dan pemetaan, semakin memegang peranan penting. Kata Syukur, perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, dan/atau pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan ruang kebumian adalah beberapa diantaranya.

Laman: 123






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI