HOME // Daerah

 

BMKG Memperkirakan Musim Hujan Akan Datang di Awal Oktober

  Kamis, 2 September 2021

Musim Hujan

Surabaya | Lenterainspiratif.id – BMKG memprakirakan wilayah Jatim akan mulai memasuki musim hujan pada bulan Oktober 2021. Namun saat ini sejumlah wilayah di Jatim masih kemarau bahkan beberapa daerah mengalami kekeringan.

“Bahwa sebagian besar Jatim akan terjadi hujan Bulan Oktober sebanyak 46,7 persen zona musim,” kata Kepala Stasiun Klimatologi Malang, Anung Suprayitno saat rilis via zoom di Surabaya, Kamis (2/9/2021).

Awal musim hujan di Jatim, lanjut Anung, diprakirakan maju 10 hari, namun di beberapa wilayah musim hujan sedikit mundur, seperti wilayah Jatim sisi utara, yang baru terjadi hujan di November hingga Desember.

“Selebihnya ada beberapa wilayah di Jatim sisi utara, musim hujan sedikit lebih mundur di Bulan November. Khususnya wilayah tapal kuda paling terlambat. Paling lambat Desember,” tambahnya.

Untuk puncak musim hujan diprakirakan terjadi pada Januari 2022. Sedangkan curah hujannya berkisar normal hingga di atas normal. Sifat musim hujan diprakirakan normal meliputi 39 zona musim, dan yang di atas zona normal mencapai 21 zona musim. Kemudian puncak musim hujan yang diprediksi pada Januari 2022 dengan 50 zona musim.

BACA JUGA :   Sejumlah Daerah Diperkirakan Diguyur Hujan

“Bahwa kalau kita bicara sepanjang musim nantinya ternyata cukup menggembirakan curah hujan 2021/2022 kami prediksi dalam kisaran normal hingga atas normal. Khususnya bagian pertanian dan petani garam mohon antisipasi,” terang Anung.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI