HOME // Daerah // Jawa Timur

 

Gledah Lapas Jombang, Kemenkumham Temukan Barang Aneh Berpotensi Bebani Keuangan Negara

  Rabu, 1 September 2021

Gledah Lapas Jombang, Kemenkumham Temukan Barang Aneh Berpotensi Bebani Keuangan Negara

Jombang | Lenterainspiratif.id – Sejumlah barang ‘aneh’ ditemukan di dalam Lapas Jombang saat Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Timur melakukan penggeledahan.

Penggeledahan yang dilakukan oleh Tim Satops Patnal dan dipimpin langsung oleh Kadiv Pemasyarakatan, Hanibal itu dilakukan pada kemarin malam, Selasa (31/8/2021) sekitar pukul 21.00 WIB.

“Fokus kami untuk mencegah dan meminimalisir adanya barang-barang terlarang di dalam kamar hunian,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (1/9/2021).

Hasilnya, petugas berhasil mengamankan sejumlah barang elektronik dari dalam blok, ada juga sebuah pemanas air kreasi warga binaan yang dibuat dari garpu yang dialiri arus listrik.

Keberadaan alat elektronik ini tentu dilarang karena membebani keuangan negara. Dikhawatirkan akibat alat-alat elektronik ini, tagihan listrik akan membengkak.

“Selain itu, keberadaan alat yang tidak sesuai SNI ini berpotensi memicu korsleting dan menyebabkan kebakaran,” tambah Hanibal.

BACA JUGA :   Gunung Semeru Semburkan Awan Panas

Tak hanya itu, ada pula temuan benda-benda tajam, korek api dan obat-obatan yang berlebihan. Benda-benda ini dikhawatirkan berpotensi disalahgunakan untuk hal-hal yang mengganggu keamanan dan ketertiban Lapas Jombang. Misalnya saja kaca rias yang mayoritas berasal dari blok perempuan.

Setelah melakukan penggeledahan, petugas juga melakukan tes urin kepada semua narapidana dan pegawai lapas. Hasilnya, 25 warga binaan dan 13 petugas dinyatakan negatif dari hasil pemeriksaan urine.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI