HOME // Internasional

 

Amnesty International Indonesia Pemerintah Harus Jamin Hak Tenaga Kesehatan

  Senin, 30 Agustus 2021

Amnesty International Indonesia Pemerintah Harus Jamin Hak Tenaga Kesehatan

Jakarta | lenterainspiratif.id | Tenaga kesehatan (nakes) selama pandemi covid-19 menjadi garda paling depan. Berbagai resiko seperti terpapar covid-19, persekusi hingga meninggal dunia dialami tenaga kesehatan di Indonesia. Untuk itu, Amnesty International Indonesia meminta pemerintah menjamin hak-hak para tenaga kesehatan.

Manajer Media dan Kampanye Amnesty International Indonesia Nurina Savitri mengatakan, para tenaga kesehatan harus dijamin haknya mulai dari kondisi kerja, insentif, hingga melindungi hak mereka yang dilanggar.

“Rekomendasi kami, kami meminta pemerintah menjamin hak-hak tenaga kesehatan atas kondisi kerja yang adil dan mendukung, memastikan pembayaran insentif tepat waktu, serta pemerintah mendengar dan melindungi tenaga kesehatan yang haknya dilanggar,” ujar Nurina di acara dialog bertajuk ‘Dilema Nakes: Bagaimana Pemenuhan Hak-Hak Nakes’ yang diselenggarakan Public Virtue secara daring, Minggu (29/8/2021).

Jaminan hak terhadap para tenaga kesehatan sangat penting karena pada masa pandemi Covid-19 ini mereka merupakan aset terpenting. Dengan demikian, hak mereka harus menjadi prioritas pemerintah sebagai garda terdepan penanganan pandemi Covid-19.

BACA JUGA :   3 Tenaga Medis di Bangkalan Meninggal Dunia Karena COVID-19

Dalam hal pembayaran insentif terhadap tenaga kesehatan, Nurina mengungkapkan adanya penundaan pembayaran insentif sejak 2020 hingga 2021.

“Selama periode Juni 2020-Juli 2021 ada 26.717 tenaga kesehatan di 21 provinsi dan 36 kabupaten/kota yang pernah mengalami pemotongan atau penundaan insentif,” kata dia.

Laman: 123






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI