HOME // Teknologi

 

Waspada, 8 Aplikasi Android Ini Dapat Mencuri Data Bahkan Uang Anda Dari Smartphone

  Sabtu, 28 Agustus 2021

Waspada, 8 Aplikasi Android Ini Dapat Mencuri Data Bahkan Uang Anda Dari Smartphone

Informasi teknologi | Lenterainspiratif.id – Di era digital yang makin canggih ini modus pencurian pun turut berkembang, salah satunya adalah pencurian melalui aplikasi yang ada di ponsel anda, mulai dari pencurian data hingga uang.

Mengutip CNBC Indonesia, salah satu malware bernama Joker kabarnya telah masuk dalam ponsel Android, yang saat ini sudah terdeteksi. Ada 8 aplikasi yang terdeteksi membawa malware.

Malware Joker dapat mencuri informasi pribadi dari SMS, daftar kontak dan informasi perangkat. Selain itu juga dapat berinteraksi dengan situs iklan diam-diam.

Selain mencuri data pribadi, para korban juga dapat kehilangan uang. Modusnya, tanpa sepengetahuan korban, Joker akan mendaftarkan korban ke situs-situs menjadi pelanggan premium.

Berdasarkan laporan Quick Heal aplikasi, pada saat aplikasi dibuka oleh pengguna, aplikasi akan meminta ijin untuk mengakses notifikasi, dengan begitu aplikasi dapat mengakses data SMS dari notifikasi. Kemudian aplikasi juga akan meminta untuk mengakses kontak.

BACA JUGA :   Ingin Chip Gratis Game Higgs Domino Ini Cara dan Kodenya 

Setelah anda memberikan izin kepada aplikasi, aplikasi akan mengatur izin untuk membuat panggilan telepon. Aplikasi juga akan memonitor seluruh data yang didapatkan.

Menurut informasi dari Quick Heal Security Labs, 8 aplikasi ini berpotensi mencuri data pribadi. Berikut 8 aplikasi tersebut :

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI