HOME // Jawa Timur // Peristiwa

 

Pakar Geologi Jelaskan Soal Fenomena Semburan Air di Sumenep dan Bojonegoro

  Sabtu, 28 Agustus 2021

Pakar Geologi Jelaskan Soal Fenomena Semburan Air di Sumenep dan Bojonegoro

Surabaya | Lenterainspiratif.id – Terkait fenomena sumur bor yang mengeluarkan air di Sumenep dan Bojonegoro, Pakar Geologi asal Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Dr Amien Widodo menyebut dua fenomena semburan air tersebut merupakan air formasi.

“Namanya air formasi yang sudah lama sekali tersimpan di dalam tanah dan umumnya mengandung gas methan yang mudah terbakar dan sulfur,” kata Amien, Surabaya, Sabtu (28/8/2021).

Amin juga menambahkan, jika air tersebut akan masuk ke dalam tanah bercampur minyak dan gas. Ada dua faktor yang diduga menjadi penyebab terjadinya semburan sumur.

“Jadi secara geologi, di Jawa Timur itu di bawah tanah sana, lapisannya berlapis-lapis, berlipat-lipat, melipat melengkung-melengkung. Jadi kalau air itu meresap, otomatis akan masuk, ada yang di permukaan ada yang di dalam. Tersimpan di lapisan yang melipat-lipat tadi,” tambahnya.

BACA JUGA :   Penemuan Mayat Mr X Hebohkan Warga Mojosari

“Ini ada dua kejadian, jadi pertama memang dia artesis karena dia air tanah yang di dalam tadi itu bertekanan tinggi. Apakah daerahnya yang datar, atau di daerah pegunungan? Biasanya kalau dekat gunung, air masuknya dari gunung tadi kan bertekanan. Jadi kalau dicoblos di datarannya akan nyemprot ke atas, itu namanya (Sumur) artesis,” papar Amien.

“Tapi artesis yang kedua, dia bisa naik karena didorong oleh gas. Kan airnya bau belerang,” imbuhnya.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI