HOME // Jawa Timur // Peristiwa

 

Gunung Semeru Terpantau Muntahkan Guguran Lava Pijar

  Jumat, 27 Agustus 2021

Gunung Semeru Terpantau Muntahkan Guguran Lava Pijar

Lumajang | Lenterainspiratif.id – Gunung Semeru di Lumajang, terpantau empat kali mengeluarkan guguran lava pijar dengan jarak luncur 200 hingga 1.000 meter dari puncak ke arah wilayah Desa Besuk Kobokan.

“Gunung Semeru mengeluarkan guguran lava pijar sebanyak 4 kali, dengan jarak luncur sejauh 200-1.000 meter ke arah Besuk Kobokan,” ujar Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi Siswoyo, Jumat (27/8/2021).

Berdasarkan data yang dihimpun dari Data Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Semeru, pada 26 Agustus 2021 gunung tertinggi di pulau jawa itu mengeluarkan guguran lava pijar sekitar pukul 00.00 WIB, atau pukul 12 tengah malam. Guguran lava pijar itu disertai dengan 46 kali letusan, 10 kali embusan, 4 kali guguran, dan tektonik jauh 3 kali.

Diamati secara visual, ada 3 kali letusan dengan warna asap putih kelabu dengan ketinggian asap 100 hingga 500 ke arah barat daya. Meski begitu luncuran lava tersebut masih jauh dari pemukiman warga. Status Gunung Semeru masih Waspada Level II.

BACA JUGA :   Remaja Yang Ditemukan Tewas Dengan Tangan Terputus, Ternyata Pelajar SMP di Lumajang

BPBD menghimbau masyarakat untuk tidak beraktivitas dalam radius 1 km dari kawah atau puncak gunung, dan jarak 5 km dari arah bukaan kawah di bagian selatan-tenggara. Selain itu masyarakat tidak diperbolehkan beraktivitas di area terdampak material awan panas karena saat ini suhunya masih tinggi.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI