HOME // Jawa Timur // Peristiwa // Wisata

 

Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Diselimuti Embun Beku

  Senin, 2 Agustus 2021

Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Diselimuti Embun Beku
Embun beku

Lenterainpiratif.id | Malang – Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) diselimuti embun beku atau frost sejak kemarin, Minggu (1/8/2021). Terjadinya fenomena yang biasa disebut embun upas oleh warga Tenggara itu terjadi karena suhu di kawasan Bromo mencapai 0 derajat celcius.

Kasubbag Bagian Data, Evaluasi Pelaporan, dan Humas BB-TNBTS Sarif Hidayat membenarkan kemunculan fenomena salju di beberapa kawasan di Bromo Tengger Semeru. Dia menyebut fenomena ini rutin muncul setiap tahunnya saat sedang musim kemarau.

“Itu rutin tiap muncul antara Juli-Agustus di puncak musim kemarau. Jadi umpamanya puncak musim kemarau itu kan, frost itu kan selalu muncul,” kata Sarif, Senin (2/8/2021).

Safir menjelaskan, embun upas tersebut biasanya muncul dikawasan Padang rumput Ranupani, Lumajang. Selain itu fenomena tersebut juga terjadi di kawasan lautan pasir Bromo Tengger.

“Saya kemarin konfirmasi teman-teman di lapangan itu di Ranupani, cuma bulan kemarin, atau awal bulan, di laut pasir juga ada, informasinya,” ujarnya.

BACA JUGA :   Sambut Hari Kartini, komunitas Sepatu Roda Fashion Show Sambil Memakai Kebaya

Fenomena frost tidak selalu muncul, jika matahari sudah mulai tinggi sekitar pukul 09.00-10.00 WIB es akan mencair. “Kemarin sih disampaikan kan dari Minggu ini dan Minggu kemarin sudah ada. Cuma hari-hari ini tidak tentu. Cuma minggu kemarin dan Minggu hari ini itu ada, karena nggak tentu,” ujarnya.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI