HOME // Nasional

 

Info Penting, Ini Syarat Mudah Dapatkan Subsidi Upah Rp 1 Juta Terdampak PPKM

  Kamis, 22 Juli 2021

Info Penting, Ini Syarat Mudah Dapatkan Subsidi Upah Rp 1 Juta Terdampak PPKM
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah

Lenterainspiratif.id | Jakarta – Pemerintah akan menggelontor bantuan subsidi upah Rp 1juta untuk buruh yang terdampak pandemi dan PPKM darurat. Bantuan itu diperuntukkan bagi pekerja yang dirumahkan, atau yang mengalami pengurangan jam kerja karena penerapan PPKM Darurat oleh pemerintah.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menjelaskan, kebijakan ini diambil sebagai respons atas penurunan aktivitas masyarakat yang berdampak pada daya beli pekerja maupun buruh.

“Kami mengusulkan untuk memberikan subsidi upah kepada pekerja yang terdampak. Nanti subsidi upah ini payung hukumnya akan kami buat dalam peraturan menteri ketenagakerjaan. Kami usulkan bantuan pemerintah ini merupakan program stimulus yang kami koordinasikan dengan Komite PEN, Kemenkeu dan BPJS Ketenagakerjaan,” tuturnya dalam keterangan pers tentang perpanjangan PPKM Darurat, Rabu (21/7/2021).

Ada beberapa syarat bagi pekerja atau buruh yang bisa mendapatkan bantuan ini. Pertama dengan membuktikan dirinya WNI dengan memiliki nomor induk kependudukan.

BACA JUGA :   Gabung Persija, Rumah Evan Dapat "Kado"

Kemudian penerima merupakan pekerja atau buruh yang menerima upah. Pekerja juga harus terdaftar sebagai peserta jaminan sosial.

Terakhir penerima harus sebagai tenaga kerja yang masih aktif sebagai peserta di BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan Juni 2021. Syarat itu dibuktikan dengan nomer kartu kepesertaan.

Laman: 123






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI