HOME // Daerah // Jawa Timur

 

Jemaah Aboge Probolinggo Baru Sholat Idul Adha Hari Ini

  Rabu, 21 Juli 2021

Jemaah Aboge Probolinggo Baru Sholat Idul Adha Hari Ini
Jemaah Aboge Probolinggo Baru Sholat Idul Adha Hari Ini

Lenterainspirati.id | Probolinggo – Hari ini, Jemaah Aboge di Probolinggo baru menggelar solat Idul Adha, Rabu (21/7/2021). Namun sangat disayanginya karena sholat Ied yang digelar di mushala Al Barokah di Desa/Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, dilaksanakan tanpa adanya penerapan protokol kesehatan.

Saf nampak berdekatan dan tidak jaga jarak, para jemaah bahkan tidak ada yang mengenakan masker. Kendati demikian, solat Ied berjalan dengan khidmat dan khusyuk. Jemaah Aboge menggelar salat di 7 desa di 4 kecamatan di Kabupaten Probolinggo.

Dalam penentuan Idul Adha, jemaah Aboge ini berpedoman pada kitab Mujarobah atau kitab Jawa kuno yang jatuhnya pada hari Rabu Pon. Namun perbedaan hanya pada hari atau tanggal saja, sementara syariat dan tata cara salat sama dengan jemaah Islam lainnya. Meski berbeda waktu pelaksanaan salat, jemaah Aboge di Probolinggo tetap kompak dan rukun dengan warga sekitar.

BACA JUGA :   Istri di Probolinggo Bacok Suaminya Yang Selingkuh

“Kami berpedoman pada kitab Mujarobah atau kitab Jawa kuno yang selalu berbeda dengan penetapan pemerintah. Kadang berbeda sehari kadang 2 hari, namun sama rakaat dan bacaan doa-doanya dengan umat muslim di seluruh dunia,” ujar salah satu tokoh Islam jemaah Aboge kyai Buri Bariyah.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI