HOME // Jawa Timur // Peristiwa

 

Tolak Pagebluk Warga Mojokerto Ramai Ramai Menggantung Air warna-warni di Depan Rumah 

  Sabtu, 17 Juli 2021

Tolak Pagebluk Warga Mojokerto Ramai Ramai Menggantung Air warna-warni di Depan Rumah 
Tolak Pagebluk Warga Mojokerto Ramai Ramai Menggantung Air warna-warni di Depan Rumah

Lenterainspiratif.id | Mojokerto – Berita pagebluk atau pembawa wabah yang juga menyebar di wilayah Mojokerto, membuat warga Desa Jotangan, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, juga melakukan ritual tolak balak. Ritual yang dilakukan, yakni dengan memasang air warna-warni yang dimasukkan ke dalam plastik kecil, kemudian dirangkai dengan tali dan di pasang di depan rumah atau pepohonan di sekitar rumah.

Tradisi tersebut diyakini masyarakat setempat dapat mengusir musibah atau wabah penyakit yang akan datang, seperti halnya wabah virus Corona yang sudah menyebar ke seluruh dunia.

Salah satu warga, Umbariwayati mengatakan, hal tersebut merupakan tradisi turun temurun dilakukannya warga Desa Jotangan di saat wabah penyakit melanda. “Ini meneruskan tradisi zaman nenek saya dulu. Sudah ada sejak zaman dulu, tahun 1970-an sudah ada,” ungkapnya, Sabtu (17/7/2021).

Air warna-warni yang digantung di depan rumah itu diyakini menjadi cara untuk mengecoh agar penyakit tidak mendekati manusia. Namun justru terkecoh gantungan berwarna-warni karena warna yang menarik.

BACA JUGA :   Goa Unengan Selatan Makam Keramat Nyai Pandansari Mojokerto Dipercaya Jadi Sarang Ular Sanca

“Buat tolak bala supaya selamat, tidak ada penyakit. Cukup menyiapkan plastik, air dan pewarna berwarna-warni. Setelah itu, digantung depan rumah, di teras atau di pohon. Kata orang dulu supaya jika ada penyakit, biar minum air warna-warni itu sebagai pengganti darah manusia,” katanya.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI