HOME // Daerah // Jawa Timur

 

Padahal Musim Kemarau Hawa Begitu Dingin, Ini Kata BMKG

  Selasa, 6 Juli 2021

Padahal Musim Kemarau Hawa Begitu Dingin, Ini Kata BMKG
Padahal Musim Kemarau Hawa Begitu Dingin, Ini Kata BMKG

Lenterainspiratif.id | Surabaya – Beberapa hari ini suhu udara memang terasa lebih dingin dari biasanya, padahal di musim kemarau udara seharusnya terasa lebih hangat. Lalu apa penyebabnya ?

Dijelaskan oleh Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Surabaya, hal itu diakibatkan oleh fenomena bernama bediding. Bediding adalah kondisi di mana pada malam hingga pagi hari terasa lebih dingin dari biasanya. Fenomena ini disebut wajar terjadi saat kemarau.

“Hal ini termasuk hal yang wajar dan normal terjadi pada saat musim kemarau,” kata Teguh di Surabaya, Selasa (6/7/2021).

Dijelaskan oleh Teguh, Bediding terjadi saat tutupan awan sedikit pada malam hari, bahkan tidak ada sama sekali. Pada malam hari, nilai radiasi matahari yang sampai ke bumi adalah nol.

“Jadi energi yang menghangatkan permukaan bumi adalah energi yang berasal dari gelombang panjang yang dipancarkan bumi,” tambahnya.

BACA JUGA :   BMKG Maritim, Terbitkan Peringatan Dini Gelombang Setinggi 4 Meter Akan Terjadi

Jika langit dalam kondisi berawan, maka energi yang dipancarkan menuju angkasa sebagiannya akan dipantulkan kembali ke bumi.

“Jika di langit tidak ada tutupan awan sama sekali, maka energi yang dipancarkan bumi akan lepas ke angkasa tanpa ada yang dipantulkan kembali ke bumi, sehingga suhu udara akan semakin dingin,” tandasnya.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI