HOME // Tips

 

Posisi Proning Dapat Membantu Seseorang Redakan Sesak Nafas

  Senin, 5 Juli 2021

Posisi Proning Dapat Membantu Seseorang Redakan Sesak Nafas
Posisi Proning Dapat Membantu Seseorang Redakan Sesak Nafas

lenterainspiratif.id | Akhir-akhir ini beredar kabar melalui pesan berantai media sosial bahwa posisi proning dapat membantu seseorang yang tengah mengalami sesak nafas akibat kekurangan oksigen. Dalam pesan itu disebutkan posisi proning ini adalah satu teknik medis yang bisa menolong untuk menambah jumlah oksigen.

Namun apakah cara itu aman untuk dilakukan ?

Menurut dr Diah Handayani, SpP, ahli paru dari RS Persahabatan, mengatakan posisi pronig dapat membantu mengatasi sesak nafas, atau para pengidap penyakit pernafasan, dan dapat dilakukan setiap hari di rumah.

“Bisa saja, tapi bukan berarti kita nggak kenapa-kenapa terus mencegah dari sesuatu, tidak. Cuman pada orang yang memiliki masalah pada paru, seperti pneumonia dan lainnya itu membantu,” kata dr Diah.

Dalam penjelasannya, dr Diah mengatakan semakin lama posisi proning dilakukan, maka akan membuat pernapasan semakin membaik dan sesak napas perlahan menghilang. Tentunya jika dilakukan dengan posisi yang benar.

BACA JUGA :   Cara Membuat Video Tanpa Watermark Dengan Mudah Dan Efektif 

Agar lebih aman, ia menyarankan agar tidak melakukan posisi proning ini sendirian. Akan lebih baik jika ditemani oleh orang lain yang dapat mengawasi kondisi kita.

“Kita harus memantau responsnya, dia justru merasa lebih nyaman atau kadang-kadang merasa lebih berat, karena lagi numpuk dahak. Jadi memang harus dalam pemantauan ya,” pungkasnya. (tim)

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI