HOME // Tips

 

Fakta, Penyebab, Dan Cara Mengatasi Mata Kedutan

  Jumat, 2 Juli 2021

Fakta, penyebab, dan cara mengatasi mata kedutan
Fakta, penyebab, dan cara mengatasi mata kedutan

lenterainspiratif.id | Pernah dengar nggak kalau mata mengalami kedutan itu menandakan ada yang sedang gibahin kita ? Itu ternyata hanya mitos ya gengs. Dalam dunia kesehatan kedutan dimata biasa disebut Myokymia.

Myokymia adalah kejang otot yang biasanya terjadi pada kelopak mata atas secara berulang. Kedutan biasanya terjadi dengan gerakan yang ringan, kadang juga cepat dan membuat mata kita tertutup dengan sendirinya. Kondisi ini biasa disebut blefarospasme.

Kedutan memang tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak berbahaya, namunkita kerap dibuat tidak nyaman dengan hal itu. Lalu apa sih yang menyebabkan kita mengalami kedutan ?

Kedutan pada mata sebenarnya bisa terjadi begitu saja tanpa penyebab apapun. Namun, kedutan bisa dipengaruhi oleh beberapa hal berikut ini.

Iritasi mata
Tegang kelopak mata
Kelelahan
Kurang tidur
Terlalu banyak beraktivitas
Efek samping obat
Konsumsi alkohol, rokok, dan kafein berlebih

BACA JUGA :   Tips Atasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Namun meskipun tidak berbahaya, kedutan harus tetap diperhatikan ya karena jika terus terjadi maka kedutan akan masuk pada fase kronis, dimana kedutan terjadi lebih cepat dan tidak terkendali.

Jika sudah demikian, kedutan akan semakin memburuk dari waktu ke waktu. Efek yang lebih buruk lagi adalah dapat membuat pandangan menjadi kabur, sensitif terhadap cahaya, dan kejang pada wajah.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI