HOME // Tips

 

Mau terhindar dari asam urat ? Hindari makanan dan minuman ini

  Senin, 28 Juni 2021

Mau terhindar dari asam urat ? Hindari makanan dan minuman ini

Lenterainspiratif.id – Asam urat merupakan salah satu penyakit yang dipengaruhi oleh makan dan minum. Menurut National Institute of Health, asam urat adalah bentuk radang sendi yang berasal dari penumpukan asam urat dalam tubuh. Penumpukan itu menyebabkan pembentukan ‘kristal’ asam urat kecil di persendian, yang merupakan sumber rasa sakit.

Berikut beberapa jenis makanan dan minuman penyebab asam urat :

1. Daging merah
Dikutip dari Prevention, reumatologis dan peneliti translasi di UCLA Health, Elizabeth Volkmann, MD, mengatakan semua sumber protein hewani cenderung mengandung purin yang tinggi. Salah satu makanan penyebab asam urat yang dianjurkan untuk dihindari atau dibatasi adalah daging merah.

Selain purin, daging merah juga mengandung lemak jenuh yang dikaitkan dengan asam urat. Sementara untuk organ atau jeroan, seperti lidah, hati, otak, itu harus sangat dihindari.

BACA JUGA :   Tips Agar Tetap Terjaga Setelah Sahur

2. Asparagus
Asparagus ternyata masuk dalam golongan makanan penyebab asam urat lho, hal itu karena asparagus mengandung purin yang tinggi, sama halnya dengan jamur dan bayam.

“Kami tidak menganjurkan pasien untuk menghindarinya, tetapi kamu merekomendasikan untuk memakannya dalam jumlah sedang,” kata Volkmann.

3. Makanan laut atau seafood
Tak semua makanan laut itu menyehatkan ya, beberapa jenis makanan laut juga dapat membuat seseorang yang memakannya mengalami asam urat.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI