HOME // Tips

 

Empat Cara Menjaga Paru Paru Agar Tetap Sehat

  Minggu, 27 Juni 2021

Empat Cara Menjaga Paru Paru Agar Tetap Sehat

Lenterainspiratif.id – Paru-paru merupakan organ tubuh yang memiliki fungsi penting dalam penyediaan oksigen ke seluruh tubuh. Namun jika paru-paru mengalami gangguan, otomatis proses pernafasan pun akan terganggu dan dapat mengakibatkan berbagai macam masalah kesehatan.

Berikut beberapa tips menyehatkan paru-paru yang dapat anda lakukan dirumah :

1. Latihan pernapasan
Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melatih pernapasan. Kamu dapat mengambil napas dalam-dalam melalui hidung, kemudian keluarkan secara perlahan lewat mulut.

Kemanjuran latihan pernapasan ini pun telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang telah diterbitkan dalam Indian Journal of Physiology and Pharmacology. Sebanyak 12 sukarelawan dalam penelitian itu melakukan latihan pernapasan selama 2, 5 , dan 10 menit.

Hasilnya, melakukan latihan pernapasan dalam beberapa menit dapat meningkatkan fungsi pada paru-paru.

Untuk memulai pernafasan kamu bisa memulainya dengan duduk di tempat yang tenang dan nyaman, kemudian tarik nafas perlahan-lahan melalui hidung dengan hitungan 1-2-3-4, dan hembuskan nafas perlahan melalui mulut dengan hitungan 1-2-3-4-5-6-7-8.

BACA JUGA :   Tips Mengolah Daging Qurban Menurut Ahli Gizi Unesa

2. Jangan merokok
Dengan tidak merokok, kamu dapat terhindari dari berbagai macam penyakit paru-paru seperti asma, PPOK, dan kanker paru.

Hal itu dikarenakan, setiap kamu merokok ribuan bahan kimia akan masuk ke paru-paru kamu, seperti nikotin, karbon monoksida, dan tar. Lendir pada paru-paru akan meningkat dan mengakibatkan jaringan paru-paru rusak, yang mengakibatkan susah bernafas.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI