HOME // Hobby

 

Mengoperasikan Drone Ternyata Bukan Perkara Mudah, Kamu Harus Memiliki Lisensi

  Jumat, 25 Juni 2021

Mengoperasikan Drone Ternyata Bukan Perkara Mudah, Kamu Harus Memiliki Lisensi
Mengoperasikan Drone

Lenterainspiratif.id | Surabaya – Menerbangkan drone ternyata bukan perkara yang mudah. Seorang pilot drone ternyata harus memiliki lisensi untuk mengoperasikannya lho. Ada dua lisensi di Indonesia yang diakui oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), yakni APDI dan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI), lisensi tersebut tentu saja harus dikantongi oleh para pilot drone.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI), Hendrarto Budhi Setyadji mengatakan, sertifikat bisa diurus secara perorangan maupun kelompok. Untuk pengurusan secara pribadi, bisa langsung mendaftar melalui website resmi Sistem Registrasi Drone dan Pilot Drone Indonesia (SIDOPI), sedangkan persyaratan yang harus dipenuhi sama, baik perorangan maupun kelompok.

“Umumnya, setiap perusahaan yang mendaftarkan karyawannya sekitar puluhan orang,” katanya, Rabu (23/6/2021).

Dia menambahkan, di Indonesia ini ada 2 jenis, ada reguler atau perorangan dengan mendaftar melalui website SIDOPI. Lalu, bisa juga dari perusahaan secara kolektif. “Misalnya, 1 perusahaan di Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BJTI) beberapa hari lalu, langsung mensertifikasi 40 orang sesuai kebutuhan korporasi,” terangnya.

BACA JUGA :   Agus Wahjudi Utomo Nahkoda Baru Perbasi, Siap Majukan Basket Mojokerto

Hendra menilai bahwa kepemilikan sertifikasi bukan untuk kepentingan gaya hidup namun sebuah penunjang profesi dan kebutuhan tertentu. “Memang, ada perusahaan yang melakukan sertifikasi drone sampai pemetaan saja dan ada juga yang butuh sekedar lulus agar bisa mengurus persyaratan di SIDOPI,” tuturnya.

Laman: 123






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI