HOME // Tips

 

Lima Makanan Sehari Hari Mengandung Banyak Vitamin D

  Kamis, 24 Juni 2021

Lima Makanan Sehari Hari Mengandung Banyak Vitamin D

Lenterainspiratif.id – Selama pandemi COVID-19 ini masyarakat ramai-ramai berjemur untuk mendapatkan vitamin D yang dihasilkan oleh sinar matahari, hal itu juga diungkapkan oleh Dokter spesialis kulit dan staf pengajar di Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin FK UNPAD/RS Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, dr R.M. Rendy Ariezal Effendi, SpDV, menjelaskan bahwa berjemur berfungsi membantu tubuh mendapatkan vitamin D yang baik untuk daya tahan tubuh.

“Untuk di negara tropis seperti Indonesia, berjemur sekitar pukul 9 pagi sudah cukup untuk meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh. Berjemur cukup dilakukan sebanyak 3 kali seminggu, agar proses metabolisme vitamin D juga menjadi lebih efektif. Selain itu, sinar UVA memiliki gelombang yang lebih panjang dan dapat menembus lapisan kulit lebih dalam,” terangnya.

Vitamin D sendiri berfungsi mengatur kalsium dan pemeliharaan kadar fosfor dalam darah. Faktor-faktor ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang.

BACA JUGA :   Resep Mie Goreng Home Made Untuk Makan Malam Sedap

Namun, vitamin D ternyata tidak hanya bisa di dapat dari sinar matahari saja. Sejumlah makanan yang kita konsumsi sehari-hari ternyata juga mengandung banyak vitamin D lho. Diantaranya yakni :

1. Ikan salmon
Dikutip dari Healthline, Basis Data Komposisi Makanan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) menyatakan, satu porsi salmon seberat 3,5 ons (100 gram) mengandung 526 IU vitamin D. Kadar ini bisa memenuhi kebutuhan vitamin D harian dalam tubuh hingga 200 persen.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI