HOME // Jawa Timur // Kriminal

 

Korupsi Pupuk Bersubsidi, Solahuddin Akhirnya Ditetapkan Jadi Tersangka Oleh Kejari Jombang

  Kamis, 24 Juni 2021

Korupsi Pupuk Bersubsidi, Solahuddin Akhirnya Ditetapkan Jadi Tersangka Oleh Kejari Jombang
pelaku saat diamankan petugas

Lenterainspiratif.id | Jombang – Tersangka kasus korupsi pupuk bersubsidi tahun 2019 Solahuddin (55) akhirnya ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejari Jombang. Negara mengalami kerugian sebesar Rp 540 juta.

Tersangka yang malu saat dibawa masuk ke mobil tahanan tampak menyamarkan mukanya menggunakan topi, masker dan kacamata hitam. Ia dibawa sekitar pukul 14.00 WIB.

Tersangka yang merupakan pengurus Koperasi Unit Desa (KUD) Sumber Rejeki di Desa Kauman, Kecamatan Mojoagung, Jombang sebenarnya sudah ditetapkan sebagai tersangka sejak 4 bulan lalu. Namun baru kali ini dijebloskan ke Lapas Kelas IIB Jombang.

“Sekarang tahap dua, kami lakukan penahanan tersangka untuk 20 hari ke depan. Ini kasus penyaluran pupuk bersubsidi tahun 2019,” kata Kepala Kejari Kabupaten Jombang Imran kepada wartawan di kantornya, Jalan KH Wahid Hasyim, Rabu (23/6/2021).

Tersangka diketahui memanipulasi Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) petani terhadap pupuk bersubsidi tahun 2019. Salah satunya dengan memasukkan banyak data petani fiktif sebagai penerima pupuk bersubsidi tahun 2019. Artinya pupuk bersubsidi yang disalurkan Kementerian Pertanian (Kementan) melebihi kebutuhan riil para petani di Kecamatan Mojoagung.

BACA JUGA :   DPM-PTSP Jombang Gelar Business Gathering Agar UMKM Naik Kelas

Atas perbuatannya tersebut negara mengalami kerugian mencapai Rp 542 juta dengan rincian RDKK yang dimanipulasi 66 ton pupuk NPK dan 66 ton pupuk ZA.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI